Hidup Berpengharapan

0
5689

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita semua.

Markus 10:48-49, Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: “Anak Daud, kasihanilah aku! ” Lalu Yesus berhenti dan berkata: “Panggillah dia! ” Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya: “Kuatkan hatimu, berdirilah, Ia memanggil engkau. ”

 

Di dalam hidup ini kita pasti mempunyai harapan yang indah dimasa yang akan datang melalui tindakan dan perbuatan kita saat ini. Kemungkinan kita masih banyak memikirkan harapan harapan indah dunia ini dibandingkan dengan harapan hidup bahagia dihari kelak. Itulah adalah hal yang wajar karena kita masih di dunia ini, siapa yang mau hidup susah? Tentu tidak ada! Namun bagaimana agar hidup tidak susah?

 

Saudaraku, Bartimeus adalah seorang yang buta, dia bekerja sebagai  pengemis dikota itu. Pada waktu itu, ia mendengar bahwa Yesus melewati kota Yeriko dan datang ke kota Yeriko. Lalu ia berseru kepada Yesus, Anak Daud kasihanilah aku. Lalu saat itu, banyak orang menegornya supaya diam, namun ia tidak mau diam. Sampai pada akhirnya Yesus menyuruh murid-muridnya memanggil Bartimeus. Lalu muridNya berkata kuatkanlah hatimu, berdirilah, Ia memanggilmu.

 

Bartimeus hanya berpengharapan dapat melihat sebab dia yakin akan kuasa Yesus dapat melakukannya. Iman Bartimeus membuktikan keyakinannya akan kuasa Yesus, hanya kuasa Yesus sajalah yang mampu menolongnya.

 

Di dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin sering sekali bertanya-tanya, apakah Yesus mendengarku? Yakinlah saudaraku bahwa Yesus mendengarkan kita, ia telah mempersiapkan apa yang kita butuhkan di dalam harapan-harapan kita itu.

 

Berpengharapan hanya kepada Yesus saja dan mau menerima firman Allah sebagai dasar iman kita. Bartimeus mau menyerahkan kepasrahan hanya kepada Yesus saja, tidak ragu-ragu. Berpengharapanlah kepada Yesus tanpa keragu-raguan sedikitpun, memang akan banyak yang menegormu untuk diam dan jauh dari Yesus. Orang yang hidup dalam pengharapan akan kuat menghadapi segala tantangan dan berhasil memperoleh jawaban.

Amin

 

Selamat beraktifitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here