Ujilah Segala Sesuatu

0
5145

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Renungan Firman Tuhan:

1 Tesalonika 5:21, Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

 

Pengujian adalah sebuah tindakan yang mengarahkan kita kepada keyakinan akan suatu benda atau sifat yang benar-benar berkualitas di dalam hidup kita. Jika benda itu dapat diumpamakan seperti menguji kemurnian emas dibuktikan melalui dipanaskan hingga terlihat kemurniannya. Disana juga kita tau, dia benar-benar asli atau palsu, begitu juga dengan sikap atau sifat dari seseorang yang benar-benar memiliki kasih dapat diuji ketika temannya sedang kesusahan, dan sangat membutuhkan pertolongan. Kemungkinan besar akan terlihat siapa teman yang benar-benar mengasihimu. Bahkan ada juga yang memberitakan bahwa: teman tertawa itu banyak tetapi teman bersedih itu tidak ada, begitu juga dengan teman yang sehat banyak tetapi teman yang sakit tidak begitu banyak. Ini hanya sebagai perbandingan sederhana saja.

 

Paulus memberitakan firman Allah melalui surat yang disampaikan ke jemaat Tesalonika ini mempunyai latarbelakang yang unik, dimana jemaat mengalami perkembangan yang cukup pesat ( teknologi, pendidikan dll) sehingga banyak juga berkembang pengajaran-pengajaran palsu tentang siapa Allah. Ditengah perkembangan itu tentu ada banyak tantangan yang dihadapi jemaat Tesalonika, sehingga Paulus mengirimkan surat ini kepada mereka agar:

1. Tetaplah bersukacita

2. Tetaplah berdoa

3. Bersyukurlah

 

Dengan melakukan yang tiga hal diatas maka jemaat dimampukan untuk menguji segala sesuatu. Maksud dari segala sesuatu adalah pengajaran yang berkembang pada waktu itu ditengah-tengah mereka. Pemahaman akan pengajaran harus dipahami secara iman dan kebenaran firman Allah, sebab pengajaran yang sangat berkembang adalah pengajaran tentang Allah. Hal dapat dilakukan apabila kita memegang/mengetahui keaslian dari firman Allah. Pegangan yang baik mengarahkan kita kepada kaca mata dari Firman Allah bukan dari kacamata manusia atau dunia ini. Untuk itu saudaraku UJILAH segala sesuatu apalagi yang berkaitan dengan iman percaya sebab kita sudah memegang yang asli (baik) mengenai firman Allah. Amin

 

Selamat beraktifitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here