Tanggung Jawab

0
2242

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

Bacaan Alkitab:

Lukas 12:48, Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.

Setiap orang percaya wajib mempertangungjawabkan tugasnya sebagai orang percaya. Baik tugas yang sudah disampaikan oleh TuanNya maupun yang sudah diketahui oleh pribadinya sendiri. Tugas sekecil apapun mempunyai tanggungjawab kepada Allah sang pencipta dan pemelihara kehidupan kita. Hal ini dapat digambarkan seperti seorang tukang parkir, dimana tukang parkir bertugas menjaga, mengawasi dan memperhatikan motor dan mobil yang datang ke tempat parkiran agar tetap terjaga. Satu sisi yang dapat kita lihat bahwa tukang parkir seolah-olah pemilik kendaraan yang parkir pada saat itu, tetapi saatnya tiba pemilik kendaraan itu akan mengambilnya kembali. Pertanggung jawaban si tukang parkir akan terlihat dari kesetiaan dan kondisi kendaraan tersebut kembali ke sang pemilik.

Di dunia ini ini kita hampir mirip dengan tukang parkir, dimana kita harus menjaga Pemberian Allah, memperhatikan milik Allah, mengawasi milik Allah, baik yang kita tidak ketahui apalagi yang kita ketahui dengan jelas. Dari yang tidak mengetahui akan mempunyai tuntutan yang kecil yang digambarkan pukulan kecil, begitu yang mengetahuinya dengan baik akan mempunyai tuntutan yang besar yang digambarkan dengan banyak pukulan lagi. Maka, pemahaman akan tugas orang percaya tidak mengarahkan kepada lepas tanggungjawab karena tidak tahu. Kita dituntut agar mengerti dan mengetahuinya.

Baca juga  SUKACITA DI SORGA

Saudaraku, sejauh ini bagaimana tangung jawab kita sebagai orang percaya? Apakah kita merasa sebagai pemilik? Apakah kita merasa sebagai penonton? Apakah kita merasa seperti tukang parkir tadi? Apapun pengertian kita akan tanggung jawab kita sebagai orang percaya, semuanya itu mempunyai tuntutan dihari yang akan datang kecil atau besar itu adalah hak Allah. Tugas kita adalah mempertangungjawabkan tugas yang diberikan oleh Allah kepada kita di dunia ini. Amin

Selamat beraktifitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here