Mata Hati

0
1714

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

Kata orang bijak, mata adalah ” jendela hati “.. orang bisa melihat siapa diri anda dari mata kita. Mata kita tidak bisa menipu apa yang sedang saudara pikirkan, apa yang sedang ada dihati kita, dan apa yang ada dibalik pikiran kita. Karena itu ada banyak ungkapan disekitar mata dan hati, antara lain “Mata Hati “, atau “dari mata turun ke hati”. Mungkin saja, mata adalah “jendela hati” dimana rahasia hati terlihat dimata, sehingga orang tidak bisa membohongi oranglain dengan matanya yang adalah gambaran hati. Itulah sebabnya, mata hati adalah cerminan jiwa yang bisa mengungkapkan siapa diri kita sebenarnya.

Nah fungsi mata adalah untuk melihat, mengamati dan membanding-bandingkan indah atau tidak. Tetapi ungkapan disini “Jika orang selalu salah dimatamu”, berhubungan dengan “mata hati” yang mau mengoreksi hati kita dalam memandang orang lain. Apabila mata hati kita kotor, maka orang lain dimata kita pasti selalu salah, tidak baik, oranglain selalu tidak benar, pokoknya tidak ada yang beres menurut kita dari oranglain.

Nah disini yang harus dibersihkan itu bukan mata kita, tetapi hati kita, “mungkin ada yang harus diperbaiki dengan hatimu”. Kalau mata hati kita bersih maka kita akan selalu “positif thingking” terhadap sesama, tidak nyinyir melihat kelebihan oranglain. Sebaliknya kalau mata hati kita kotor, semuanya salah. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu, itu kata Tuhan lewat Firman-Nya(Matius 6:22,23).

Karena itu, yang harus kita jaga itu bukan hanya mata kita agar dapat berfungsi untuk melihat dengan baik, tetapi terutama mata hati kita agar tidak menggelapkan seluruh hidup kita. Kita rawat mata hati kita agar tidak selalu menyalahkan orang lain, kta pelihara mata hati kita agar mampu melihat sisi-sisi baik sesama kita. Jangan selalu melihat kesalahan orang lain, sementara kitapun kadang banyak salahnya. Mengapa engkau melihat selumbar dimata saudaramu, sedangkan balok didalam matamu tidak engkau ketahui(Matius 7:3). Hanya orang-orang bijaklah yang mampu menata dan perbaiki dirinya.

Selamat menikmati hari-hari indahmu! Gb. jm.
With my sist in Christ, Fletty Raintung. Gb!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here