Anugerah Keselamatan

0
942

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

Syalom saudaraku, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita.

Renungan Firman Tuhan:
Kisah Para Rasul 15:11, Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga.

Anugerah adalah murah, tetapi tidak murahan. Pengertian murah adalah bahwa Allah dengan kasih memberikan anugerah kepada setiap orang yang berdosa serta yang mau mengenal dosanya tanpa terkecuali. Pemberian Allah melalui pribadi Yesus Kristus yang diutus kedunia ini untuk menyatakan kebenaran dan membebaskan manusia dari belenggu dosa. Memang benar pada dunia perjanjian lama terdapat tradisi sunat yang menandakan bahwa itu menjadi salah satu ciri umat Allah. Sunat juga adalah salah satu bentuk ketaatan umat kepada Allah. Namun diperjanjian baru tradisi (sunat dan hukum taurat) itu telah digenapi oleh kehadiran Yesus Kristus kedunia ini.

Memang tidak salah jika beberapa jemaat yang masih mengingat tradisi tersebut, tetapi bukan tradisi itu yang menjadi patokan dalam imannya untuk memperoleh keselamatan yang akan diperolehnya. Jika dengan tradisi itu manusia/umat diselamatkan maka untuk apa Yesus datang kedunia? Bagaimana dengan pernyataan keselamatan hanya karena anugerah (Solagratia)? Disini kita harus hati-hati dengan pemahaman iman kita atas anugerah Allah. Penyataan murah bukan berarti tidak berkualitas dari yang mahal, dan pernyataan murahan ini mengarahkan kepada kualitas yang tidak baik. Jadi kita harus mempunyai kualitas yang baik agar anugerah tetap terjaga.

Saudaraku, kita hidup didalam zaman yang canggih dan penuh perkembangan teknologi. Bagaimana kita memahami keselamatan itu adalah anugerah? Hati-hati untuk suasana dan situasi yang nyaman ini, kemungkinan diantara kita ada yang tidak setia lagi pada anugerah Allah tersebut!

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Di zaman ini juga memang perlu tradisi, tetapi bukan satu-satunya jalan keselamatan. Kalimat diayat 11 ini jauh sebenarnya diartikan bahwa semua orang dapat selamat apabila percaya dan setia kepada Tuhan Yesus Kristus menjaga anugerah yang telah diberikanNya. Lebel sebenarnya bukan di KTP, Absensi ke gereja, bukan pada kontribusi/sumbangan kita atas gereja, dll, tetapi hanya IMAN kita. Maka diskusi mereka di Yerusalem mambahas tentang issu keselamatan dipengadilan diakhiri dengan pernyataan sikap Petrus dan kawan-kawan menyatakan imannya, dengan tegas Petrus menyatakan bahwa ia merupakan suruhan Allah untuk memberitakan Injil (Yesus Kristus).

Hendaklah kita imani akan keselamatan yang diberikan Yesus sebagai ANUGERAH.Amin

Selamat beraktifitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here