JANGAN ADA ALLAH LAIN YANG MENYERUPAI APAPUN UNTUK DISEMBAH DAN BERIBADAH KEPADA NYA

0
2750

Oleh: Christian T

Keluaran 20:1-6 (TB)
1. Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2. “Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6. tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

Syalom, sahabat-sahabat yang terkasih dalam Kristus Yesus,

Ayat-ayat ini adalah hukum pertama dan utama dari sepuluh perintah dalam Hukum Taurat yang diucapkan dan diberikan TUHAN, Allah orang Israel yang menuntunnya keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan , yang disampaikan kepada Musa untuk ditaati oleh bangsa Israel tatkala mereka sudah memasuki dan mendiami tanah Kanaan. Tuhan Yesus menyimpulkannya menjadi dua bagian yaitu : mengasihi Tuhan dengan segenap hati, dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi dan mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
( Mat 22:37-40 ).

Sahabat yang terkasih dalam Yesus,
Pada renungan ini kita hanya merenungkan pada kedua perintah saja, yaitu jangan ada allah lain dan membuatnya berupa patung yang menyerupai apapun untuk disembah ( 3-4a ). Kedua perintah pada hukum yang pertama dan terutama ini disampaikan untuk ditaati oleh orang Israel.

Baca juga  Kebiasaan Hidup yang Membawa Kebahagiaan: Memilih untuk Bersukacita

Mengapa kedua perintah larangan ini menjadi urutan yang pertama dan utama ? Sebab Allah adalah Allah yang cemburu artinya hanya kepada Allah saja yang patut disembah dan beribadah, tidak boleh ada yang lain Dan pada perintah yang kedua adalah manifestasi dari objek yang kepadanya disembah dan beribadah.

Lalu apakah akibatnya bila mentaatinya atau melanggarnya ?
Bila melanggarnya Allah akan menunjukkan kasih setia-NYA, demikian pula sebalikanya, yaitu hukuman yang akan ditimpakannya bila melanggarnya.

Sahabat terkasih, lalu bagaimana dengan kita sebagai pengikut Kristus yang telah ditebus-NYA dari kutuk hukum Taurat hari ini ? Mungkin penyembahan dan peribadatan kita bukan yang berwujud material Yang menyerupai apapun, namun ada wujud yang tidak terlihat. Apakah itu ? Ya, bisa berupa tahta,harta,wanita,hobi atau kesenangan, kenikmatan,kebiasaan buruk, tradisi atau agama,keluarga, dan lain-lain yang dinomorsatukan.

Tuhan Yesus berkata bahwa kita tidak bisa mengabdi kepada Allah dan Mamon ( Mat 6:24 ), dan DIA juga mengatakan bahwa barangsiapa yang bapak atau ibunya, Adik atau kakaknya lebih daripada mengashi TUHAN, maka orang itu tidak layak Di hadapan Allah ( Mat 10:37 ).

Baiklah sobatku, kita memeriksa diri kita masing-masing apakah baik secara sadar atau tidak kita sadari sesungguhnya kita sedang menyembah berhala-berhala itu. Marilah pada kesempatan ini kita bertobat, Tinggalkanlah semuanya itu Dan sungguh-sungguh kita hanya menyembah Dan beribadah kepada Allah yang kita kenal dan kita sembah di dalam nama Yesus, Tuhan dan Juruselamat. Hanya kepada DIA sajalah kita beriman,berharap, dan bergantung. Pusatkan dan fokuskan hidup kita hanya kepada Yesus.

Ada banyak contoh orang-orang Yang mengakui beriman dan menjadi pengikut Yesus Kristus dan bahkan tidak sedikit yang menjabat sebagai pemimpin gereja, pelayan Tuhan, dan pengajar atau pemberitaan Injil yang sebenarnya tidak me-tuhan-kan Kristus tetapi me-tuhan-kan tahta,popularitas,harta dan wanita, tetapi akhir hidup mereka tidak baik dan tidak memuliakan TUHAN. Ada yang yang konflik dalam keluarga memperebutkan harta dan bahkan terjadi pembunuhan,, ada yang berakhir di balik terali besi, ada yang bunuh diri, dan lain-lain. Itulah konsekuensi atau hukuman Yang harus diterima.

Baca juga  PENGURAPAN MENUJU PENOBATAN: KASUS DAUD

Sobatku, ingatlah !
Allah itu cemburu adanya, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci-NYA (5b), tetapi TUHAN memberkati kepada orang-orang Yang mengasihi-NYA dan melakukan perintah-perintah-NYA.

Saya tutup renungan ini dengan sebuah kesaksian yang berakhir tragis, bunuh diri dalam usia 33 tahun, terjadi pada seorang muda yang kaya raya, orang Indonesia berasal dari Medan, Sumatera Utara, beristri dan beranak satu, tinggal di kawasan mewah dimana sederetan artist tersohor juga tinggal seperti Madonna, George Clooney, Tony Curtis,yakni di Beverly Grove, West Hollywood, Los Angels, California, Amerika Serikat, memiliki mobil super Bughatti Beyond Grand Sport Vitesse keluaran Perancis,, yang juga dimiliki oleh pemain sepakbola tersohor Christiano Ronaldo seharga Rp..23 Millyar. Dialah Yohannes Marliem, terlibat kasus mega korupsi E-KTP sebagai penyedia automated fingerprint identification system ( AFIS )

https://x.detik.com/detail/investigasi/20170821/Johannes,-e-KTP,-dan-Hidup-Sekelas-Ronaldo/index.php

Rasul Paulus menasehatkan dalam suratnya kepada jemaat di Kolose :

” Karenaitu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka] “. ( Kol 3:5-6 )

Tuhan Yesus memberkati

Salam dan doa
Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here