Kemenangan di dalam Kristus

0
7991

Ayat Alkitab: Roma 8:31-39

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. … tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Roma 8:37,39b.

Konteks ayat emas hari ini berbicara tentang orang-orang yang menang, yaitu mereka yang hidup berkemenangan di dalam Kristus. Kemenangan ini merupakan karya Kristus. Melawan dosa dengan kemampuan akal budi saja, kita tidak akan mampu. Semua hanya karena Roh Kudus. Kemenangan kita adalah kemenangan yang disediakan oleh Allah.

Roh Kudus-lah yang berperang di dalam diri kita yang mematikan segala kuasa-kuasa itu. Kuasa maut atau hidup, kuasa pemerintahan atau malaikat, kuasa yang ada di atas bumi dan di langit, sekarang dan akan datang, tidak bisa mematahkan kita atas kemenangan itu. Penderitaan bisa jadi bagian yang tidak terhindarkan dalam kehidupan Kristen, tetapi semua penderitaan tidak bisa memisahkan kita dari kasih Kristus. Inilah arti sebenarnya dari kemenangan di dalam Kristus.

Jadi kunci kemenangan orang percaya adalah kita hidup menurut Roh dan hidup di dalam Roh. Kita yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan menerima-Nya di dalam hati kita, akan dilingkupi oleh Roh Kudus dan dilayakkan sebagai sang pemenang. Kita menjadi tidak takut menghadapi musuh-musuh kita, tidak pasif diam, melainkan berani menyerang denganfighting spirit yang kuat.

Kita dulu mengalami ketakutan secara fisik, misalnya takut kelaparan.

Atau takut kehilangan kesempatan naik jabatan, selalu merasa berada di bawah ketakutan terhadap kematian, serangan setan, atau tekanan pemerintahan, dan masih banyak lagi. Ada banyak orang sewaktu jadi bawahan perilakunya baik, tetapi begitu punya jabatan tinggi karakter aslinya muncul.

Baca juga  PENANTIAN MEMBUAHKAN PENGHARAPAN

Istilah yang umum kita dengar, “Kalau mau mengenal bagaimana karakter seseorang, beri ia kekuasaan.” Nah, inilah maksudnya. Ketika kita diberi kekuasaan, pribadi kita menjadi berubah. Kita bukan diri kita yang dulu. Ini semua menunjukkan kita belum menang.

Arti kemenangan di dalam Kristus adalah Allah berada di pihak kita, karena Tuhan sendiri yg menguatkan. Tuhan juga akan bertindak demi kita, karena itu never give up dalam melewati kehidupan ini. Sumber kekuatan kita hanya dari Tuhan Yesus. Pasti ada kebaikan di balik sesuatu yang membuat kita sulit. Alamilah hidup yang berkemenangan di dalam Kristus.

JIKA ALLAH ADA DI PIHAK ANDA, TIDAK ADA YANG BISA MEMATAHKAN KEMENANGAN ANDA DI DALAM KRISTUS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here