Hiduplah dalam Pengharapan akan Kristus

0
1569

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

Syalom saudaraku, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita.

Renungan
1 Petrus 1:3, Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan.

Semua manusia pasti pernah mengalami kebahagian di dalam hidupnya, baik itu dari prestasi, usaha, pekerjaan, keluarga, karier, persaudaraan dll. Di dalam kebahagian itu tentunya tersimpan sebuah harapan dimasa yang akan datang agar dapat terulang kembali atau mungkin setidaknya kebahagiaan itu dapat dipertahankan sebisa mungkin. Harapannya, kebahagiaan itu janganlah cepat berlalu, namun situasi dan kondisi kita yang berada di dunia ini tentu tidak dapat menjamin kebahagiaan itu dapat tinggal bersama-sama kita selalu. Sebab ada proses yang menghantarkan kita kepada kebahagiaan itu, yaitu penderitaan, cobaan dan ancaman.

Petrus menyampaikan firman Allah ini kepada jemaat Tuhan yang telah menerima kekudusan dalam Roh melalui darah Yesus Kristus. Petrus menjelaskan bahwa Kebahagiaan di dalam hidup kita dapat kita terima karena ada kebahagiaan yang tak terhingga dan yang tidak disangka oleh orang percaya bahwa mereka memperoleh keselamatan melalui darah Yesus Kristus. Sungguh sangat luar biasa rencana Allah bagi dunia ini, rancanganNya melampaui akal manusia. Dia mengutus anakNya yang tunggal untuk menebus dosa kita di dunia ini, sehingga kita memperoleh pengharapan yang begitu besar. Pengharapan juga muncul karena ada kebahagiaan yang tidak terhingga dan kebahagiaan yang tidak terduga yaitu anugerah Allah melalui Yesus Kristus.

Namun, umumnya pengharapan ini akan muncul ketika orang percaya mengalami penderitaan, meskipun beberapa penilaian mengatakan bahwa penderitaan mempengaruhi hubungan antara Yesus dan manusia, disisi lain ini akan menguji iman orang percaya dari waktu ke waktu.

Bila diperhadapkan dengan Kebangkitan Yesus Kristus adalah keselamatan bagi seluruh umat manusia dan juga sekaligus menjadi pengharapan bagi setiap orang percaya kepadaNya pasti memperoleh keselamatan dan hidup yang kekal.

Saudaraku, melalui firman pada hari ini kita diajak untuk tetap bahagia yang mengacu pada pemberian Allah yaitu anakNya yang tunggal Tuhan Yesus Kristus. Sebab kebahagiaan itu akan menuntun kepada kehidupan yang penuh dengan harapan. Perhatikan dirimu dari kebahagiaan yang bersifat sementara dan terbatas, agar selalu tetap terjaga. Apalagi, akhir-akhir ini masalah-masalah sosial, ekonomi dan budaya yang dihadapi oleh manusia dapat menutupi kebahagiaannya akan suatu hidup yang penuh dengan harapan. Untuk itu bahagialah saudaraku sebab disana kita akan merasakan hidup yang berpengharapan kepada Allah didalam Yesus Kristus, dan di dalam kebahagian itu tersirat pujian kepada Allah. Amin

Selamat beraktifitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here