PerkataanKu Tidak Akan Berlalu

0
879

Oleh: Pdt. Dr. M. Frans Ladestam Sinaga

Lukas 21:33 “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

Sebaiknya nas ini kita lihat dalam perikop yang lebih besar, yakni ajakan agar berjaga-jaga (Lukas 21:25-38). Sebab orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

KedatanganNya ditandai: (1) pada matahari, bulan, bintang-bintang, dan di bumi akan terjadi hal tidak terduga, (2) bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut, (3) orang akan mati ketakutan karena cemas dengan segala yang menimpa bumi, dan (4) kuasa-kuasa langit akan goncang.

Namun, sejajar dengan kedatangan Anak Manusia yang menghakimi itu, program penyelamatan manusia pun sudah dekat, yang harus kita sambut dengan sukacita dan optimisme. Jadi ada dua makna yang berbeda tentang Hari Tuhan: penghakiman dan penyelamatan.

Untuk menyederhanakan kedatangan Hari Tuhan itu, Yesus mengumpamakannya kepada proses pertumbuhan pohon ara atau pohon apa saja, yang dimulai dengan bunga hingga kepada buah.

Saudaraku. Perkataan Tuhan Yesus bukanlah prediksi atau ramalan akan hari esok. Apa yang dinyatakanNya adalah kebenaran yang tidak berubah-ubah. “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

Perkataan itu bukan hanya ajakan agar berjaga-jaga, tetapi semua janji, nubuat, hikmat, perintah dan pengajaran yang diberikan Tuhan secara langsung maupun tidak langsung, melalui hambaNya atau yang tertulis sebagai hasil pengilhaman dari Tuhan. Semua itu menjadi pedoman, pengajaran dan hikmat yang menuntun kita kepada keselamatan di dalam Yesus Kristus.

Sejauh mana kita mengingat dan dapat mempertanggungjawabkan perjanjian kita dengan Allah? Kita perlu melakukan 4 hal. (1) Mewaspadai cara hidup agar jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan duniawi. (2) Sungguh mempersiapkan diri menyambut kedatangan hari Tuhan. (3) Senantiasa berjaga-jaga sambil berdoa, agar kita beroleh kekuatan untuk luput dari semua masalah yang akan terjadi. (4) Supaya kita berdiri sebagai orang yang penuh pengharapan menyambut Anak Manusia. Amin.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here