Arti Kehadiran Tuhan

0
2996

Oleh: Christian T

Bacaan Alkitab : Mazmur 107:1-9

Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA ( Baca Gali Alkitab) yang terkasih dalam Kristus,
Pemazmur mengajak umat Israel yang telah ditebus untuk bersyukur kepada TUHAN. Mengapa mereka harus bersyukur? Sebab TUHAN baik dan kasih setia-Nya kekal adanya

Apa kebaikan TUHAN?

Pertama,TUHAN telah menebus mereka dari penindasan dan membawanya kembali Tanah Perjanjian sesuai dengan janji-Nya kepada nenek moyang-Nya, sekalipun mereka telah berulang kali memberontak terhadap TUHAN (2-3).

Kedua, Tuhan menjawab seruan doa mereka ketika dalam pengembaraan di padang belantara mereka sesak, lapar dan haus, lemah dan lesu, serta cemas (4-6).

Ketiga, Dituntun-Nya mereka ke jalan yang lurus sampai ke kota yang ramai, sehingga mereka tidak tersesat.

Keempat, Dipuaskannya jiwa mereka yang haus dan dahaga.

Empat kebaikan TUHAN ini telah mereka terima dan rasakan. Pertama ketika mereka ditebus dari perbudakan di Mesir, mengembara di padang gurun selama empat puluh tahun, dan masuk ke Tanah Kanaan dan kedua ketika mereka dipulangkan kembali ke Yerusalem dari pembuangan di Babel dan dari empat penjuru mata angin oleh Koresy, raja Persia.

Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus,
Melalui perikop ini pemazmur ini ingin juga mengajak kita untuk bersyukur kepada TUHAN karena telah mengecap kebaikan TUHAN yakni, sebagai umat yang telah ditebus dan dibebaskan dari perbudakan dosa oleh darah Yesus dan berhak menerima janji masuk kedalam kerajaan sorga yang kekal, yang telah menerima jawaban atas doa-doa yang telah kita naikkan, yang telah menerima bimbingan TUHAN ke jalan yang lurus dan benar, dan juga memberikan kepuasan kepada jiwa kita yang haus dan dahaga akan kebenaran.

Baca juga  PENANTIAN MEMBUAHKAN PENGHARAPAN

Sobat yang terkasih, demikianlah pengalaman dari kehidupan saya baik dari sebelum percaya dan sesudah percaya kepada Yesus. Dari hidup jomblo sampai menikah dan akhirnya dikaruniai anak. Dari hidup susah dan bahkan sampai paling susah dan hidup senang sampai paling senang, ada satu hal yang paling penting dari semuanya adalah kebaikan TUHAN yaitu penyertaan-Nya. Kekuatan, kebahagian dan penghiburan yang sejati adalah penyertaan-Nya dan kasih setia-Nya. Hanya itu yang menjadi pegangan hidup saya kini dan yang akan datang apapun yang terjadi. Memang tidak mudah, namun hanya topangan TUHAN-lah yang menjadikan kita kuat dan menjadikan kita bisa bersyukur. Kiranya ini pun menjadi pedoman dan pegangan hidup keimanan kita dalam mengiring Tuhan Yesus. Tuhan memberkati. Saya tutup dengan refference sebuah pujian. :

Penyertaan-MU sempurna
Rancangan-Mu p’nuh damai.
Aman dan sejahtera
Walau di tengah badai
Ingin ku s’lalu bersama
Rasakan keindahan
Arti kehadiran Mu TUHAN.

” Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau “. ( Yos 1:5 )

Salam dan doa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here