Dengarkanlah Tuhan

0
614

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

Syalom saudaraku, kiranya kasih karunia dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kehidupan kita.

Lukas 14:22-23, Kemudian hamba itu melaporkan: Tuan, apa yang tuan perintahkan itu sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat. Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh.

Saudaraku, Tuhan Yesus sering sekali menyampaikan pesan firmanNya melalui perumpamaan agar memudahkan para muridNya dan pendengar perkataan Yesus mudah dimengerti dan dipahami. Pada perumpamaan di Lukas 14 ini menjelaskan tentang orang-orang yang berdalih. Kerajaan sorga merupakan tempat undang bagi orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Tentunya, banyak yang menginginkan bahkan tinggal di kerajaan sorga. Namun yang menjadi persoalan banyak diantara orang yang percaya kepada Tuhan Yesus memberikan alasan untuk tidak memenuhi undangan, seperti:

1. Dia harus pergi melihat ladang yang baru dibelinya.
2. Aku baru beli lima pasang lembu kebiri.
3. Aku baru kawin.

Inilah beberapa alasan yang menerima undangan tersebut. Namun tuan rumah itu murka dan berkata: Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari orang-orang miskin dan orang-orang cacat dan orang-orang buta dan orang-orang lumpuh. Ini merupakan ajakan kepada umur untuk memenuhi rumahnya sebagai penjamin undangan.

Saudaraku, bila kita renungankan dan dalami maksud firman Tuhan ini, mengarahkan kita kepada kesetiaan kepada anugerah Allah melalui anakNya Tuhan Yesus Kristus. Kesetiaan hanya melakukan dan meneladani yang diperintahkan Tuhan Yesus. Bila kita perhadapkan dengan kehidupan sehari-hari kita, masih ada yang mempunyai alasan untuk memahami maksud Tuhan didalam hidupnya agar memperoleh kerajaan sorga, yaitu: karena HARTA dunia ini yang digambarkan seperti ladang dan lembu, karena KELUARGA digambarkan seperti baru kawin.

Sebaiknya harta dan keluarga yang diberikan dan diberkati Tuhan kepada kita untuk menolong kita agar tetap setia kepadaNya. Jika tidak, anugerah dari Tuhan Yesus tetap berlangsung kepada yang mau menerimanya. Maksudnya adalah meskipun kita sudah percaya tetapi tidak setia kepadaNya maka anugerah Allah melalui Yesus Kristus tetap terjadi untuk memenuhi kerajaan sorga.

Tanpa kita sadari bahwa : Harta,jabatan, dan keluarga sering menjadi penghalang kita mendengarkan PANGGILANNYA.Harta,jabatan dan keluarga bukan tidak penting namun itu jangan menjadi segalanya dalam hidup ini.Harta,jabatan dan keluarga sebagai pemberian Allah bagi kita untuk kita syukuri dan tunduk pada panggilanNya.Bukan sebaliknya membelenggu kita untuk datang pada panggilanNya.

Untuk itu, setialah pada PANGGILANNYA sekarang dan sampai selama-lamanya.Agar apa yang kita kerjakan sekarang bahkan rencana ke depan adalah mengikuti PANGGILAN TUHAN.AMIN.

Selamat beraktifitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here