Belarasa Yang Dibagirasakan ( A Shared Compassion)

0
460

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Syalom saudaraku.Kita berjumpa lagi dalam suasana sukacita di hari yang indah.

Bacaan Firman Tuhan: Matius 14: 13-21

 

Kehidupan semakin susah dihadapi. Masalah-masalah kehidupan tidak pernah berhenti sehingga sangat berat dirasa oleh manusia.Terutama masalah EKONOMI.Manusia berlomba untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya dengan usahanya sendiri  namun tidak semua mendapat.Akibatnya,manusia mencari jalan keluar dengan melakukan kejahatan.Kemudian si kaya banyak tidak peduli dengan keadaan sekitarnya sehingga terjadi KESENJANGAN SOSIAL.Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

 

Hal di atas,tidak dikehendaki TUHAN. DIA menginginkan kehidupan manusia saling berbagi (A Share Compassion) sebagaimana dalam nas ini.Yesus bukan hanya dengan kata-kata saja mengasihi dunia,namun Dia buktikan itu dalam kehidupan nyata.Dia peka dengan situasi yang terjadi lalu Dia bertindak melalui :

1. Menyuruh murid-muridNya memberi makan orang lain.

2. Menerima apa yang ada pada mereka : lima roti dan dua ikan

3. Memberkati makanan tersebut.

 

Tindakan Tuhan yang tepat menjadi BERKAT BAGI BANYAK ORANG dan bahkan berlimpah- limpah. Tak terjangkau tak terselami KUASA TUHAN oleh pikiran manusia. Inilah yang ditunjukkan Tuhan, keteladananNya kepada manusia melalui karakter Yesus : TERGERAK HATINYA OLEH BELAS KASIHAN. Karakter Yesus ini mengubah keadaan dari yang sakit menjadi sembuh,dari yang tidak memiliki menjadi memiliki, dari yang terlantar menjadi terpimpin,dls.

 

Nas renungan ini mengajak kita semua meneladani karakter Yesus yaitu menggunakan HATI kita lebih PEKA terhadap masalah- masalah yang terjadi disekitar kita. Dunia membutuhkan orang-orang yang memiliki KEPEKAAN HATI. Belajarlah dari Karakter Yesus sehingga kehidupan dunia dan sekitarnya menjadi lebih kondusif dengan kehadiran kita menjadi BERKAT bagi orang lain.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

TUHAN MEMBERKATI.

SALAM MARTURIA

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here