Roh Tuhan

0
418

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

Syalom Saudaraku, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita.

1 Tesalonika 5:19-20, Janganlah padamkan Roh, dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.

 

Baptisan adalah sarana Allah memberikan kasih karuniaNya kepada manusia melalui Yesus Kristus. Baptisan juga merupakan anugerah yang telah memperoleh pengampunan dosa. Baptisan juga merupakan amanat agung Yesus Kristus sebelum Dia naik ke sorga, agar para murid-muridNya menjadikan seluruh bangsa muridNya.

 

Allah membaptis manusia menggunakan Roh dan api melalui kedatangan Tuhan Yesus ke dunia ini (Mat 3:11). Melalui Roh yang diberikan oleh Allah kepada kita di dalam baptisan itu, maka kita yang telah dibaptis tentunya selalu dituntunnya oleh Roh Allah.

 

Apapun pekerjaan kita pasti melalui tuntunan Roh Allah sehingga kita merasakan sukacita dan damai sejahtera melakukan dan menikmati hasil dari pekerjaan kita tersebut. Bukan itu saja, bahkan Roh Allah memampukan kita untuk menegur dan menasehati yang orang yang salah, menghibur yang sedang sedih dan menyampaikan Firman Tuhan kepada yang belum mengenal dan memahaminya.

 

Pada nats diakhir pekan ini, mengingatkan kita melalui jemaat yang di Tesalonika yang sudah ada beberapa diantara mereka yang mengatakan dan mengandalkan semua yang mereka lakukan ada atas dasar pengetahuan dan kekuatan mereka sendiri. Dengan latarbelakang seperti Paulus datang menegur mereka, Janganlah padamkan Roh, dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.

 

Saudaraku, ingatlah semua yang terjadi didalam hidup kita ini adalah atas dasar tuntunanNya yang kita yakini melalui Roh Allah. Kata PADAM menunjukkan kearah menghalangi kerja Roh didalam hidup kita ini. Kata RENDAH juga mengartikan kesombongan jemaat/kita terhadap Firman Tuhan yang diberitakan.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Saudaraku, jangan pernah ragu akan pertolonganNya atas kita untuk melakukan yang baik dan menegor serta menasehati yang salah, sebab firman Tuhan yang memampukan kita melakukan semuanya itu di dalam kepercayaan kita akan Dia. Bila kamu diam melihat kekacauan, keributan, yang kotor dan hal negatif lainnya, kemungkinan saudara sedang berusaha memadamkan Roh itu. Apakah kamu seperti itu??? Amin.

Salam Marturia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here