Siapakah Yesus dan TujuanNya Datang ke Dunia?

0
1252

Oleh: Christian T

 

 

Bacaan Alkitab : Ibr 2:5-18

 

 

 

Syallom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA  (Baca Gali Alkitab) yang terkasih dalam Kristus Yesus,

 

Pada perenungan BGA kali ini penulis Kitab Ibrani menjelaskan identitas Yesus dan maksud dan tujuan-Nya datang kedunia. Penulis memulainya dengan mengatakan bahwa maksud dan tujuanNya datang ke dunia untuk menaklukkan dunia yang akan datang bukan untuk malaikat melainkan untuk manusia (1). Apa alasannya ? Alasan yang dikemukannya dengan mengutip Mazmur 8:5-8 yakni bahwa Allah mengindahkan manuia karena manusia diciptakan hampir sama seperti Allah dengan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat dan berkuasa atas segala ciptaan-Nya dan menaklukkannya. (6, baca : Kej 1:26-28, 2:20a). Namun manusia telah jatuh ke dalam dosa, sehingga gambar dan rupa Allah telah rusak total. Manusia telah kehilangan akan kemuliaanya dan sebagai upahnya adalah maut ( baca Kej 3, Rom 3:23, 6:23a ).

 

Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus,

Lalu pertanyaan berikutnya adalah bagaimana sikap dan tindakan Allah berikutnya dan bagaimana nasib manusia selanjutnya ?

Sedangkan Alkitab dan sejarah manusia  mencatat, serta realitas yang dialami oleh manusia anda dan saya sampai detik ini terus dan akan terus berlangsung yakni lahir, hidup dan mati. Namun demikian dalam catatan sejarah dunia  bahwa seorang yang bernama Yesus pernah hadir di dalam dunia, di negeri yang bernama Palestina ( Kanaan ) pada abad pertama masehi, menolong sesamanya, dan khususnya Alkitab ( Injil ) mencatat kisah Yesus yang menderita, disiksa dan dihukum gantung di atas kayu salib di Bukit Golgota pada usia tiga puluh tiga tahun, pada hari ketiga Allah membangkitkanNya dari kematian, setelah itu menampakkan diri kepada Maria Magdalena dan perempuan-perempuan lainnya, serta kepada murid-murid-Nya, dengan disaksikan lima ratus orang Ia naik ke sorga. ( 1 Kor 15:1-8 ).

Baca juga  MENYEMBAH TUHAN DALAM ROH DAN KEBENARAN

 

Sahabat BGA yang terkasih, sebelum melanjutkan penjelasan tentang pribadi Yesus, marilah kita ketahui terlebih dahulu tentang siapakah malaikat. Malaikat Tuhan yang diciptakan sebagai pemimpin pujian di sorga adalah Lucifer dan akhirnya diusir dari sorga karena memberontak terhadap Allah dengan keinginan hatinya menggantikan posisi Allah sebagai Subyek penyembahan akhirnya dinamakan Iblis ( Yes 14:12-15 ).  Ada kerub ( Kej 3:24 ), Serafim ( Yes 6:2,6), Mikhael, penghulu malaikat ( Yud 1:9, Wah 12:7 ), malaikat Gabriel, pembawa berita ( Dan 9:21, Luk 1:19,26), malaikat maut ( Wah 9:1,11, 20:1 ), Malaikat TUHAN yang adalah Yesus ( penampakan Yesus berupa malaikat atau disebut Theofani ) ( Kej  16:7-11, Kel 3:2, Bil 20:16, 2 Raj 1:3 )

 

Siapakah Yesus itu ?

 

1. Yesus adalah Allah Pecipta ( 10 )

2. Yesus adalah Allah yang telah menjadi manusia, dan dalam keadaan-Nya sebagai manusia posisi-Nya atau status -Nya sedikit lebih rendah daripada malaikat. ( 7a,9a14a,17b, baca Fil 2:5-8 )

3. Yesus telah menaklukkan segala sesuatu terutama maut. ( 8, 9b )

4.  Yesus adalah Imam Besar, yaitu menjadi menjadi perantara antara manusia yang percaya kepada Nya dan Allah (17a )

 

Sobat yang terkasih dalam TUHAN,

Tujuan Yesus datang ke dalam dunia mengambil rupa seorang manusia ( inkarnasi atau menjadi daging ) adalah

1. Memberitakan nama Allah dan memuji NYA di tengah jemaat ( 12a )

2. Meletakkan kepercayaan atau iman kepada Allah ( 13a, baca : Roma 1:17 )

3. Menerima anak-anak yang telah diberikan Allah ( 13b )

4. Memusnahkan Iblis yang berkuasa atas maut (14b )

5. Membebaskan manusia dari perhambaan ketakutan atas maut ( 15 )

6. Menunjukkan belas kasihan kepada keturunan Abraham dan mendamaikan dosa seluruh bangsa (16, 17b )

Baca juga  TUHAN MENEGUHKANMU.

7. Menolong manusia yang mengalami pencobaan sebab Ia pun pernah dicobai.

 

Sobat kekasih dalam Yesus,

Kita patut mengucap syukur bahwa kita telah dianugrahi Allah untuk dapat mempercayai dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, yang pernah menjadi manusia berstatus lebih rendah daripada malaikat yang adalah pesuruh NYA, turut dan merasakan pencobaan, penderitaan, dan bahkan telah mengalami maut. Dan Yesus juga menjadi Imam Besar, yaitu Perantara antara Allah dan manusia untuk pengampunan dosa, dan bahkan mengangkat kita sebagai saudara-NYA. Sobat…, yang harus diingat selalu bahwa Allah menaruh belas kasihan kepada kita manusia yang telah memberontak, sedangkan malaikat yang memberontak tidak mendapatkan penebusan.

 

Sobat yang terkasih, apakah balasan kita yang telah diangkat sebagai saudara-NYA dan terlebih telah memperoleh pembebasan dari perhambaan Iblis yang berkuasa atas maut ?

 

So, bagi saudara-saudara yang belum percaya dan masih meragukan Yesus  yang adalah Allah yang telah menjadi manusia adalah TUHAN dan Juruselamat, kami berdoa agar Allah memberikan rahmat-NYA dan petunjuk-NYA.Amen.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here