Dia Kekuatan Kita

0
1483

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

 

 

Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku(Filipi 4:13).

Hanya orang mati saja yang tidak lagi punya masalah, karena masalah dan pergumulan itu milik orang-orang hidup. Jadi selama hidup itu ada dan diakui sebagai Anugerah Tuhan, maka masalah dan pergumulan itu bagian yang tak terpisahkan. Apakah artinya Tuhan penyebab masalah dan pergumulan didalam hidup kita, jelas tidak. Kitalah pembawa masalah, baik dialam nyata atau alam pikir. Artinya, Tuhan anugerahkan kita kesempurnaan tetapi kita yang suka bikin masalah dan cari cari masalah. Disinilah terlihat bahwa kita makhluk bermasalah, sedangkan Tuhan penerima masalah kita.

 

Tetapi sekalipun masalah dan pergumulan itu bagian dari hidup kita, tak usah kita kaget, ragu dan kecewa. Karena Tuhan ada mendampingi kita, “DIA KEKUATAN KITA”. Itulah relevansi dari ungkapan yang hebat ini : ” Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”(Filipi 4:13). Artinya, sekalipun ada masalah dan pergumulan didalam hidup kita, Dia Tuhan menjamin hidup ini bagi kita. Karena Dia Tuhan lebih besar dari masalah dan pergumulan kita. Dia membesarkan hati kita untuk menghadapi rupa-rupa persoalan kita, Dia beri kekuatan dan ketenangan didalam setiap gumul juang kita, Dia yang menguatkan dan memampukan kita untuk terus ada dan berjuang tanpa lelah.

 

Statemen Iman ini harus memberi motivasi baru terus menerus didalam hidup kita bahwa, Dia Tuhan  tak pernah meninggalkan kita disetiap ruang juang hidup kita, karena Dia paling tau siapa kita dan tiap sisi gelap hidup kita. Kalau kita berhasil atasi masalah, jangan tepuk dada dan jadi sombong. Jikalau kita berhasil dalam usaha dan kerja, jangan berdiri dan menonjolkan diri, tetapi masuk kamar dan rendahkan diri serta ucap syukur. Karena sebenarnya Dialah Tuhan yang memberhasilkan kita, “DIA KEKUATAN KITA”. Mereka yang putus asa dan putus harap, tidak mengenal diri dan Tuhannya dengan baik, karena sebenarnya mereka “kurang tau diri”. Sebab kurang baik apa Tuhan itu sama kita, apakah Tuhan punya kekurangan?

 

Bersemangatlah didalam hidupmu, karena hidup itu bukan milikmu, itu hanya titipan sementara dari Dia Sang Pemilik Kehidupan. Tersenyumlah hadapi hidupmu, karena Dialah pemberi segaka Sukacita dan Dia tidak ingin melihat anda dan saya galau seperti orang tidak punya Iman. Berbagilah dengan sesama, karena hidupmu adalah bagian terkecil dari Anugerah Tuhan yang besar. Kasihilah satu sama lain, karena kau bisa hidup hanya karena belas kasih-Nya. Jangan susahkan dirimu dengan semua yang kelihatan ini, karena semua itu hanya sementara. Carilah selalu hal hal yang kekal, karena disanalah tujuan akhir kehidupan ini. Tuhan sudah sediakan segala keindahan, dan Dia mau agar kita hidup didalamnya.

 

 

With my sist in Christ, Livia Selano. Gb!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here