Rejeki dan Berbuat Baik

0
1330

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

 

Rezeki, Allah yang mengatur. Tetapi berbuat baik itu pilihan. Mau di zona nyaman, mau diam atau bergerak. Dengan berbuat baik, anda bisa dimusuhi(Novel Baswedan). Ini sekelumit hasil wawancara wartawan by phone dengan Novel dari Singapura. Dan ada makna yang menarik dari 2 kata diatas, yaitu : ” Rezeki dan Berbuat Baik “. Rezeki itu berasal dari Tuhan, sedangkan Berbuat Baik itu Iniasatif manusia.

 

Kalau “Rezeki” itu berasal dari Tuhan(given), maka itu harus diminta dan diusahakan. Karena Tuhan tidak akan mengirimkan atau menurunkan rezeki itu dari langit begitu saja. Dia menyediakan dan memberikan bagi mereka yang sungguh-sungguh berusaha mendapatkannya. Sebaliknya, “Berbuat Baik” itu sesuatu yang harus menjadi iniasatif kita manusia, karena Tuhan sudah melengkapi kita dengan segala kebaikan.

 

Orang-orang yang menerima Rezeki dari Allah tetapi tidak Berbuat Baik, itu sama dengan mereka yang tidak menghargai Kebaikan Allah. Karena Kebaikan Allah itu, harus mendorong kita juga untuk selalu dan terus menerus Berbuat Baik bagi sesama. Disinilah perbuatan Baik itu punya makna Ilahi, karena semua Kebaikan itu berasal dari Allah. Sebaliknya mereka yang berbuat jahat, menista Allah dan juga manusia.

 

Tidak semua orang mau dan mampu Berbuat Baik, karena perbuatan baik itu karya dan dorongan Allah bagi manusia yang merelakan dirinya untuk dipakai Allah. Perbuatan Baik tidak selamanya disukai dan diterima, karena ada orang-orang yang membenci Kebaikan. Berbuat Baik kadang dimusuhi, karena ada orang yang gemar akan kejahatan. Tetapi semua orang yang berbuat baik berasal dari Allah sumber Kebaikan.

 

Untuk berbuat Baik perlu keberanian, karena kadang orang-orang yang berbuat baik itu dimusuhi dan tidak disukai. Karena dunia ini masih penuh dengan banyak kejahatan, dan orang-orang yang berbuat jahat adalah gerombolan iblis yang menyaru sebagai manusia, atau  iblis jadi-jadian. Karena itu kita terus diingatkan agar kalau tidak bisa Berbuat Baik, minimal jadilah orang Baik. Karena Allah sumber Kebaikan, maka mereka yang berbuat Baik berasal dari Allah!

 

Selamat beraktivitas dalam kebaikan! Gb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here