Waktu

0
415

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

 

Ada 2 jenis waktu dalam kehidupan ini :

 

1. “CHRONOS” adalah waktu yang diberikan Tuhan kepada manusia yang bersifat sementara, terbatas dan tidak kekal. Kalau hari ini hari Minggu 18 Juni 2017, maka itu tidak akan kembali lagi karena besok sudah hari Senin, tanggal 19 Juni 2017 dan seterusnya.

 

Itu artinya, hanya sementara Tuhan memberi waktu ini kepada kita manusia, termasuk waktu hidup kita. Seperti kata Pemazmur 90:10a : “Masa hidup kami 70 tahun dan jika kami kuat 80 tahun. Itulah kesementaraan waktu hidup kita yang Tuhan beri, untuk kita manfaatkan sebaik-baiknya.

 

Entah akan kita manfaatkan waktu itu dengan baik, membuang-buang waktu atau menyia-nyiakan, bahkan mempermainkan waktu sekalipun, itu urusan kita. Tuhan beri kebebasan untuk kita dengan waktu yang ada untuk mengatur atau mengelolanya. Tapi ingat saudara, waktu itu tak akan kembali lagi, dia akan terus berjalan menuju masa akhir atau “ESKATON”.

 

Disana Tuhan akan meminta pertanggungan jawab dengan waktu yang Dia beri. Karena itu bagi kita, waktu adalah “ANUGERAH” dari Tuhan bagi kita di sepanjang kehidupan ini. Itulah sebabnya, kesaksian Pemazmur 90:12 katakan : “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Artinya, hanya orang-orang yang bijaksana yang akan menggunakan waktu yang adalah Anugerah itu dengan sebaik-baiknya.

 

2. “KAIROS” adalah waktu Tuhan, yaitu waktu milik Tuhan yang tidak bisa dikendalikan oleh kita manusia, karena DIA penentu waktu dan pengendali waktu, sedangkan kita hanya penikmat dan pengisi waktu. Dia yang memberi waktu dan Dia juga yang akan mengakhirinya. Itulah sebabnya, waktu Tuhan ini tidak hanya untuk kita ada dan eksis, tetapi harus kita isi dengan semua hal yang bernilai dan berguna bagi sesama dan kemuliaan bagi nama-Nya.

Baca juga  DUNIA TERANCAM RESESI

 

Dan hanya orang-orang yang dipimpin oleh Roh Allah sajalah yang akan menggunakan  waktu Tuhan ini dengan sebaik-baiknya. Tuhan yang Kekal itu, memberi peluang dan kesempatan kepada kita untuk menggunakan waktu itu sebaik-baiknya, dan tidak menyia-nyiakan semua itu.

Ada 3 hal yang tidak akan pernah kembali, 1. WAKTU, 2. PERKATAAN dan 3. KESEMPATAN. Ini semua Tuhan berikan kepada kita untuk digunakan se-baik-baiknya, sebelum Dia meminta pertanggungan jawab dari kita masing-masing.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here