Carilah dan Andalkanlah Tuhan

0
1705

Oleh: Christian T

Bacaac Alkitab : 2 Tawarikh 13: 1-14: 1

 

Syallom, sahabat-sahabat yang terkaaih dalam Kristus Yesus,

 

Pada tahun ke delapan belasan zaman Yerobeam, Abia menjadi raja atas Yehuda menggantikan Rehobeam. Abia memenangkan perang melawan Israel dan membunuh Yerobeam, padahal kekuatan Israel dua kali lipat. Israel memilki pasukan berjumlah delapan ratua orang, sedangkan jumlah pahlawan perang Yehuda empat ratus ribu.

Namun ketika Yehuda dikepung dari depan dan belakang, Abia dan rakyat Yehuda dapat mengalahkan Yerobeam dan orang Israel dengan menewaskan lima ratus ribu orang Israel.

 

Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.

Abia mengejar Yerobeam dan merebut dari padanya beberapa kota, yakni Betel dengan segala anak kotanya, Yesana dengan segala anak kotanya dan Efron dengan segala anak kotanya.Tak pernah lagi Yerobeam mendapat kekuatan di zaman Abia. TUHAN memukul dia, sehingga ia mati.

 

Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus,

Secara manusia dan fakta kekuatan Israel dibawah pimpinan Yerobeam jauh lebih kuat dan lebih berpengalaman dibandingkan rakyat Yehuda dibawah pimpinan Abia yang masih muda dan belum berpengalaman. Namun Abia dan rakyat Yehuda dapat mengalahkannya, sehingga Yerobeam tidak dapatk kekuatan lagi di zaman Abia. TUHAN memukulnya dan menewaskannya.

Sesungguhnya bukan kehebatan Abia dan orang Yehuda, tetapi karena yang berperang adalah TUHAN. TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak-anaknya untuk sellamanya. Dan disamping itu Abia bersama para imam dan orang Lewi melakukan apa yang diperintahkan TIHAN dan juga mengandalkan TUHAN, Allah nenek moyang meteka ( 18 )., sedangkan Yerobeam telah menyingkirkan imam-imam TUHAN-anak Harun itu, dan orang-orang Lewi, lalu mengangkat imam-imam menurut kebiasaan bangsa-bangsa negeri-negeri lain, sehingga setiap orang yang datang untuk ditahbiskan dengan seekor lembu jantan muda dan tujuh ekor domba jantan, dijadikan imam untuk sesuatu yang bukan Allah. ( 9 )

 

Sobat yang terkasih,

 

Marilah kita selalu ingat akan kuasa kerajaan yang telah dijanjikan-NYA kepada anak-anak-NYA dengan suatu perjanjian garam, yang artinya pasti dan tetap, setia mengikut TUHAN dan melakukan firman-NYA, serta mengandalkan-NYA.

 

Ingatlah ketika bangsa Israel dibawah pimpinan Musa keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian, Kanaan ( Palestina ) dan ketika Firaun bersama pasukannya mengejar mereka dan di hadapannya Laut Teberau, TUHAN membelah laut itu sehingga orang Israel dapat menyebranginya sedangkan kereta Firaun dan pasukannya dibuang-Nya ke dalam laut; para perwiranya yang pilihan dibenamkan ke dalam Laut Teberau. ( Kel 15:4 ).  Sebelumnya Musa berkata kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.

TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.” ( Kel 14:14 ).

 

Oleh sebab itu tatakla jita dalam keadaan terjepit, seolah-olah kita menghadapi jalan buntu, tak ada uang, orang atau apaupun dan siapapun yang dapat lagi menolong. Berdiamdirilah, carilah dan andalkan TUHAN !

Percayalah akan janji-NYA bahwa DIA akan memberikan kita keluar pada waktunya. ( 1 Kor 10:13 )

 

” Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia? ”     ( Yak 2:5 ).

 

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”  ( Ibr 13:5 )

 

Yeremia 17:5-8 (TB)  Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk. Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!  Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.    ( Yer 17:5-8 )

 

Tuhan Yesus memberkati

 

Salam dan doa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here