Hidup Benar di Masa Sukar

0
3690

2 Timotius 3-4

 

2 Timotius 3:1 Ketahuilah bahwa pada hari hari terakhir akan datang masa yang sukar.

 

Arti kata Masa yang Sukar = Chalepos (yunani), adalah masa yang amat sukar, masa kesusahan besar, suatu keadaan yang cheos, yang tidak bisa lagi dikontrol dan dikendalikan oleh manusia, dalam hal ekonomi, politik, sosial, alam dan sebagainya !

 

Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa pada hari hari terakhir akan ada masa yang amat sukar, masa kesusahan yang besar dan akan terjadi cheos, semua ini terjadi karena bersumber dan dimulai dari manusianya sendiri, sebab manusia fokus hidupnya bukan lagi kepada Tuhan, tetapi kepada Uang, Kedagingan dan Kepentingan diri sendiri, adapun ciri ciri karakter dan perilaku manusia dimasa akhir zaman ini ada tertulis dengan jelas didalam Firman Tuhan :

 

2 Timotius 3:2-5

(2) Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,

(3) tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,

(4) suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.

(5) Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

 

Perhatikan, Firman Tuhan mengatakan bahwa :

 

• SECARA LAHIRIAH MEREKA MENJALANKAN IBADAH, artinya kalau dilihat dari PENAMPILAN LUAR, sepertinya mereka adalah orang orang yang rohani dan yang menjalankan ibadah mereka dengan sungguh sungguh, tetapi hati, pikiran, perasaan dan keinginan mereka bukan Fokus kepada Tuhan, tetapi lebih kepada uang, kedagingan dan kepentingan sendiri !

Baca juga  Intip Pasar Indonesia, Protech Tawarkan Produk Ramah Difabel

 

• TETAPI PADA HAKEKATNYA MEREKA MEMUNGKIRI KEKUATANNYA, artinya meskipun sepertinya dari luar mereka kelihatannya rohani dan menjalankan ibadah dengan sungguh sungguh, tetapi mereka TIDAK MAU BERUBAH dan mereka MENOLAK UNTUK BERUBAH, karena mereka lebih memilih untuk Fokus dan Mengutamakan uang, kedagingan dan kepentngan diri sendiri dari pada berubah !

 

• JAUHILAH MEREKA ITU, artinya jangan kita sampai terpengaruh, meniru dan mengikuti gaya hidup mereka, karena sebetulnya hati mereka bukan kepada Tuhan, tetapi lebih kepada uang, kedagingan dan kepentngan diri sendiri !

 

Oleh karena itu supaya kita tidak terpengaruh dan tercemar dengan pola pikir, kebiasaan dan gaya hidup mereka, maka dimasa masa akhir zaman ini kita harus hidup benar, yaitu :

 

• MENGENAL DAN MENDALAMI FIRMAN TUHAN  DENGAN BENAR !

2 Timotius 3:15  Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

 

Artinya kita harus Mengenal dan Mendalami Kitab Suci, yaitu Firman Tuhan, supaya oleh Firman Tuhan kita didownload dengan Pikirannya Kristus, sehingga kita memilki Hikmat dan Iman utk dituntun kepada keselamatan dan kemenangan oleh iman kita kepada Kristus Yesus ketika ada dimasa sukar !

 

• MENGALAMI PERUBAHAN HIDUP MELALUI FIRMAN TUHAN !

2 Timotius 3:16-17 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

 

Artinya kita menjadi orang yang terus menerus diperbaharui dan berubah melalui merenungkan dan melakukan Firman Tuhan, karena hanya Firman Tuhan yang bermanfaat untuk Mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, untuk mendidik orang dalam kebenaran dan untuk kita dapat berbuat baik, sehingga kita menjadi pribadi yang kuat, teguh dan konfinden dalam menghadapi masa yang sukar !

Baca juga  DUNIA TERANCAM RESESI

 

Deklarasi Firman Tuhan :

Puji Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan, kami membuang dan menolak semua karakter, sifat dan kebiasaan yang mementingkan diri sendiri, yang egois, yang menjadi hamba uang, yang kedagingan dan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan ! Oleh anugerah Tuhan, Roh Kudus menuntun kami untuk kami dapat mengenal, mengerti dan mendalami Firman Tuhan, sehingga Firman Tuhan mengajar kami, mendidik kami, menyingkapkan kesalahan kami, memperbaiki kesalahan kami, merubah kami, menyempurnakan kami dan memampukan kami untuk hidup dalam kebenaran ! Oleh anugerah Tuhan kami semakin diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik, untuk melakukan yang benar dan yang mulia, sehingga kami tetap kuat dan menang menghadapi masa masa yang sukar ! Grace 3x !

 

Hidup benar adalah kunci dan kekuatan untuk kita dapat tetap bertahan, tetap kuat dan menang menghadapi masa masa yang sukar ! Gbu all. AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here