Berjalan Dengan Iman

0
1456

 

 

Ayat Alkitab: Yosua 1

 

 

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan … Yosua 1:6

 

Hidup mana yang mudah untuk dijalani? Permasalahan dalam hidup manusia ibarat film berseri yang akan selalu ada. Satu permasalahan selesai, selang beberapa waktu akan datang yang lain. Sekalipun tak seorang pun mengharapkan masalah, tetapi masalah itu kadang datang tiba-tiba dan tidak dapat dicegah. Masalah demi masalah yang dihadapi seseorang bisa dapat membuat hidupnya tawar dan putus asa.

 

Masalah yang dihadapi Yosua juga tidak mudah. Pertama secara pribadi, ia menanggung beban berat menggantikan peran seniornya yaitu Musa, seorang pemimpin yang dihormati oleh orang Israel. Kedua, masalah internal bangsanya. Yosua memimpin suatu bangsa dengan karakter sulit yang seringkali maunya sendiri, ngeyel, dan gampang mengeluh. Ketiga, masalah eksternal. Yosua akan menghadapi musuh-musuh yang tangguh di depan- nya. Tuhan sampai tiga kali mengatakan kepada Yosua, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu” (ay. 6-7, 9). Bisa disimpulkan, ada saat-saatnya Yosua pun gentar menghadapi apa yang ada di hadapannya. Tuhan mau Yosua berjalan dengan petunjuknya Tuhan, yaitu firman-Nya (ay. 7b-8). Selanjutnya kekuatan Yosua terletak pada penyertaan Allah (ay. 9), penyertaan dengan kekuatan tidak terbatas. Akhirnya Yosua berani maju, berdasarkan instruksi Tuhan (ay. 10). Satu ayat yang bisa menjadi kekuatan kita “Janganlah takut sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yes. 41:10).

 

Kekuatan kita sangat terbatas sekali dalam menghadapi masalah, maka kita harus menaruh kepercayaan kita pada kekuatan yang tidak terbatas, yaitu hanya kepada Tuhan Yesus. Ada kalanya pengalaman tidak dapat membantu sama sekali, begitu pun dengan koneksi-koneksi kita, ada hal-hal yang tidak bisa mereka jangkau, hanya pada Tuhan-lah letak kekuatan kita yang sempurna. Kenyataannya, menghadapi masalah tidak selalu mudah atau berakhir seperti yang kita ingini, tetapi berjalan dengan iman bersama Tuhan pasti tidak akan mengecewakan. Ayo jangan kecut dan tawar hati menghadapi masalah, bersama Yesus kita pasti bisa melaluinya!

 

ADA KEBERANIAN DAN KEKUATAN SAAT BERJALAN DENGAN IMAN BERSAMA YESUS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here