Doa Yang Besar (1)

0
640

 

Ayat Alkitab: Yosua 10:1-15

 

 

Lalu Yosua berbicara kepada Tuhan pada hari Tuhan menyerahkan orang Amori kepada Orang Israel; Ia berkata di hadapan orang Israel: �Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas Lembah Ayalon!� Yosua 10:12

Bagaimana kita berdoa menunjukkan apa yang kita percayai tentang Tuhan.

 

Banyak orang seringkali memanjatkan doa sebagai suatu kebiasaan. Karena sudah terbiasa berdoa, kadang justru jadi melupakan makna dan kuasa yang sebenarnya dari doa. Jika kita percaya bahwa kita punya Tuhan yang luar biasa, kita akan dan seharusnya berdoa dengan luar biasa. Dalam kitab Yosua 10, dikisahkan setelah Kota Ai dikuasai oleh Yosua dan Israel, lima Raja Kanaan bersekutu untuk menyerang Gibeon karena bersekutu dengan Israel. Mendengar hal ini, Yosua dan pasukannya segera bergerak tanpa beristirahat dari Gilgal ke Gibeon.

 

Dengan pertolongan Tuhan, Israel yang sebenarnya kelelahan secara fisik berhasil memenangkan peperangan. Mereka berhasil menggagalkan penyerbuan ke Gibeon?bahkan menghancurkan musuh sampai tuntas. Ketika para musuh berlarian berusaha menyelamatkan diri mereka di medan pertempuran, Tuhan melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit! Dahsyat, bukan? Itu baru permulaan dari kedahsyatan lain yang tidak terkatakan yang terjadi kemudian.

 

Di tengah pertempuran itulah Yosua menyerukan sebuah doa yang menunjukkan imannya. Yosua berseru, “Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas Lembah Ayalon!” Maka terjadilah demikian. Matahari berhenti dan bulan pun tidak bergerak. Seorang manusia biasa dengan iman yang istimewa berkata-kata pada matahari dan bulan, seakan ia memiliki otoritas Tuhan di tangan kanannya. Dan, Tuhan menjawab “ya” untuk iman besar yang ditemukan-Nya di dalam diri Yosua.

Baca juga  DUNIA TERANCAM RESESI

 

Doa sungguh adalah cermin dari iman kita. Itulah yang membuat perbedaan. Jika Anda sangat jarang berdoa, itu menunjukkan bahwa Anda sesungguhnya tidak sungguh percaya kepada Tuhan atau setidaknya tidak percaya Tuhan menjawab doa. Jika Anda tidak berani berdoa untuk sesuatu yang besar, Anda hanya berdoa dengan permintaan-permintaan standar (misalnya doa makan atau doa sebelum tidur ), itu menunjukkan Anda tidak sungguh percaya Tuhan sanggup melakukan perkara-perkara besar. Jika Anda sungguh percaya bahwa kita memiliki Tuhan yang luar biasa, mengapa saat ini Anda tidak mulai berdoa untuk hal-hal besar bagi Tuhan?

 

DOA YANG BESAR BERANI MENDOAKAN PERKARA-PERKARA BESAR SESUAI DENGAN KEHENDAK TUHAN YESUS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here