UBI PECCAT AETAS MAIOR MALE DISCIT MINOR. KETIKA YANG LEBIH TUA MELAKUKAN KEJAHATAN, MAKA YANG LEBIH MUDA AKAN BELAJAR DALAM KEJAHATAN ITU

0
433

Oleh: Pdt. Weinata Sairin

Dalam kehidupan suatu bangsa peran sebuah generasi amat penting dan strategis. Generasi, telah menorehkan sejarah penting dalam kehidupan suatu bangsa, dan selalu menjadi buah bibir dan dijadikan referensi dalam diskusi diseputar sejarah bangsa. Apa yang dimaksud generasi? Generasi adalah orang-orang yang hidup sezaman yang usianya berada dalam kisaran tertentu dan biasanya memiliki kesamaan visi dan misi. Seorang sosiolog menyatakan bahwa generasi adalah jangka waktu kehidupan sosial manusia yang didasarkan pada dorongan keterikatan pada pokok-pokok pikiran yang asasi.

Menjadi cukup jelas bahwa dalam istilah “generasi” itu kata kunci yang penting adalah “orang-orang yang hidup sezaman, dalam jangka waktu kehidupan sosial manusia dan berbasis pada polok-pokok pemikiran yang mendasar”. Di negeri ini dulu kita mengenal misalnya generasi 08, generasi 45 yang telah menunaikan tugas historisnya. Hal yang sangat penting dari generasi awal negeri ini tidak hanya terletak pada peran mereka dalam membebaskan negeri ini dari cengkeraman kekuasaan penjajah; tapi lebih jauh dari itu adalah dimensi moral, etik dan spiritual yang mereka teladankan dalam kehidupan mereka.

Menurut litetatur yang kita baca mereka para tokoh negeri ini adalah figur yang concern utamanya pada pemerdekaan bangsa. Mereka hanya berfikir dengan amat serius bagaimana menghalau kekuasaan penjajah dari negeri ini dan negeri ini merdeka. Diantara mereka tumbuh sikap yang respek, tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Sikap toleransi mereka amat tinggi; karena semuanya terfokus pada perjuangan kemerdekaan maka mereka tak sempat berfikir tentang keberbedaan yang ada dalam kedirian mereka masing-masing.

Aspek keteladanan ini menjadi amat penting untuk diwariskan oleh generasi.yang lebih dahulu kepada generasi yang kemudian. Teladan tetang bagaimana berkata-kata dengan baik, bersikap dan berbuat dengan baik, juga teladan dalam merumuskan pemikiran-pemikiran bernas tentang kesatuan dan keutuhan NKRI yang majemuk.

Baca juga  CARILAH TUHAN MAKA KAMU AKAN HIDUP

Pepatah yang dikutip dibagian awal tulisan memberikan pengingatan amat penting bagaimana keteladanan dari generasi tua itu mrnjadi sesuatu yang utama. Teladan bukanlah teori yang akademis-ilmiah, tetapi sebuah praksis yang bisa dilihat dengan jelas dalam realitas konkret. Mari kita ungkapkan sikap keteladanan dalam hidup kita.

Selamat berjuang. God bless

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here