Catatan Pinggir Untuk Soft Opening Seruni Gallery Serpong

0
484

 

SENI RUPA KRISTIANI INDONESIA (SERUNI): Pelayanan Yang Akan Berdampak Mendunia

Oleh: Pdt. Lukman Pandji

 

 

Arah pelayanan kekristenan tampaknya masih didominasi oleh kegiatan Gereja (organisasi atau kumpulan kebaktian).Lebih memprihatinkan jika banyak pimpinan gereja berlomba memperbesar organisasi gereja sendiri.

 

Tak bisa dipungkiri, masih banyak pelayan atau lulusan theologia termasuk pendeta ‘karbitan’ yang  berkiprah di seputar pelayanan podium dan mimbar. Karena dianggap lebih populer serta setidaknya menjanjikan kehidupan sebagai Pelayan Gereja.

Pada hakikatnya Pelayanan Pekerjaan Tuhan teramat luas. Sebab menyentuh berbagai bidang dan domain.Di era hari terakhir sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan, akan terjadi pergerakan menyentuh berbagai bentuk ministri/pelayanan yang sifatnya global dalam percepatan waktu .Bentuk ministri yang akan merambah tanpa batas…

Salah satu bentuk domain pelayanan yang  sudah dan sedang digarap adalah  bidang “senirupa” yang berkualitas oleh para Perupa yang memiliki roh pelayanan dan misi untuk KerajaanNya.

Memulai bukan dari apa yang sudah ada, termasuk kelengkapan sarana memadai.Hanya dimodali iman dan passion begitu kuat. Tertanam sejak puluhan tahun yang lalu di beberapa kota besar di Indonesia (dengan kerterlibatan alm.hamba-hamba Tuhan senior di bangsa tercinta).Tetapi faktor kehidupan, keluarga dan keadaan membawa para Perupa pencinta Tuhan pun akhirnya tersebar ke berbagai wilayah.

Tibalah juga waktu Tuhan, mempertemukan kembali 1  dan 2 orang kekasih perupa yang 20 tahun lebih terdiaspora, namun Api para pelukis dan perupa ternyata tetap berkobar tertanam VISI yang tak pernah sirna.

Karya demi karya pun dipaparkan melalui eksibisi “ pameran seni rupa “ di beberapa Akademi/Perguruan Tinggi.Tuhan memimpin serta menyertai hamba-hambaNya tanpa membawa sarana-prasarana yang perlu dibanggakan.

Sebuah cerita visual, kisah pengalaman hidup, penuangan Kasih kepada Kristus Sang Penebus….dan implementasi Pengajaran TUHAN terekspresi diatas kanvas-kanvas…

Tetapi faktor lain yang menjadi kerinduan bagi  tim SERUNI adalah :

“Bagaimana menciptakan lahan atau sarana penunjang para perupa melalui The Art Kingdom Marketplace agar setiap Pelayan Tuhan di bidang senirupa tetap eksis tanpa mengandalkan ‘isian kantong-kantong kolekte’…Supaya tuangan murni senirupa berkualitas dengan misi dapat terpelihara tanpa tercemari.”

Beberapa buah karya dengan hitungan jari bagaikan biji biji sesawi telah memberikan dampak luas.Goresan Kanvas terbingkai  telah menjadi BENDA HIDUP yang BERBICARA…

VISI JANGKA PANJANG masih terpampang jauh, berbagai strategi tersiapkan dan tentu salah satu yang kami semua rindukan : Kiranya makin banyak umat percaya tercelik tentang luasnya pelayanan pekerjaan Tuhan.Bahkan sebagai kepanjangan Tangan Kristus dapat berkonstribusi dalam ministri mulia bernuansa kebangsaan..

Salam kasih terdalam bagi sahabat-sahabatku…: Sdr.Gunawan, Sdr.Setiyoko, Sdr.Wisnu, Sdr.Gde Sukarna, Bpk/Ibu Heru, Sdri.Meike Lolong, dan seluruh tim SERUNI.Penyertaan serta kasih Kristus senantiasa melimpah. Amin.

 

Refleksi untuk Soft Opening SERUNI GALLERY SERPONG, 24 Oktober 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here