PESAN RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1439 H/2018 M DARI DEWAN KEPAUSAN UNTUK DIALOG LINTAS AGAMA: DARI PERSAINGAN MENUJU KERJA-SAMA

0
1289

 

 

Saudara-saudari umat Muslim yang terkasih,

 

Dengan penyelenggaraan ilahi-Nya, Allah yang Mahakuasa telah memberi Anda kesempatan untuk menjalankan puasa Ramadhan dan merayakan ‘Idul Fitri.

 

Dewan Kepausan untuk Dialog Lintas Agama menghargai pentingnya bulan ini dan upaya besar yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk berpuasa, berdoa dan berbagi karunia-karunia Yang Maha Kuasa dengan orang miskin.

 

Mengingat karunia-karunia yang dianjurkan oleh bulan Ramadhan, kami bergabung dengan Anda untuk bersyukur kepada Tuhan yang Maharahim atas kebaikan dan kemurahan hati-Nya, serta kami menyampaikan kepada Anda harapan kami yang tulus.

 

Pemikiran yang ingin kami bagikan kepada Anda pada kesempatan ini, saudara-saudari umat Muslim yang terkasih, memperhatikan aspek penting hubungan antara umat Kristiani dan umat Muslim : kebutuhan untuk bergerak dari persaingan menuju kerjasama.

 

Semangat persaingan telah terlalu sering menandai hubungan masa lalu antara umat Kristiani dan umat Muslim, akibat-akibat negatif dari semangat persaingan tersebut nyata : kecemburuan, saling tuduh dan ketegangan. Dalam beberapa kasus, ini semua telah menyebabkan pertikaian penuh kekerasan, terutama di tempat agama telah diperalat, terutama demi kepentingan pribadi dan maksud-maksud politik.

 

Persaingan lintas agama semacam itu mencederai citra agama-agama dan para pengikut mereka, dan persaingan tersebut menumbuhkan pandangan bahwa agama-agama bukanlah sumber perdamaian, tetapi sumber ketegangan dan kekerasan.

 

Untuk mencegah dan mengatasi akibat-akibat negatif ini, sangatlah penting bagi kita umat Kristiani dan umat Muslim mengingat nilai-nilai keagamaan dan moral yang kita bagikan, sambil mengakui perbedaan-perbedaan kita. Dengan mengakui apa yang kita pertahankan bersama dan dengan menunjukkan rasa hormat terhadap perbedaan-perbedaan kita yang sah, kita dapat semakin kuat membangun landasan yang kokoh untuk hubungan-hubungan penuh damai, bergerak dari persaingan dan pertikaian menuju kerjasama yang ampuh untuk kebaikan bersama. Hal ini terutama membantu orang-orang yang paling membutuhkan, dan memungkinkan kita untuk memberikan kesaksian yang dapat dipercaya terhadap kasih Yang Mahakuasa bagi seluruh umat manusia.

 

Kita semua memiliki hak dan kewajiban untuk memberi kesaksian terhadap Yang Mahakuasa yang kita sembah, dan berbagi kepercayaan kita dengan orang lain, seraya menghormati agama dan pendirian keagamaan mereka.

 

Agar kita dapat melanjutkan hubungan penuh damai dan persaudaraan, marilah kita bekerja bersama-sama dan saling menghormati. Dengan cara ini kita akan memberikan kemuliaan kepada Yang Mahakuasa dan memberdayakan kerukunan dalam masyarakat, yang sedang menjadi semakin multi-etnis, multi-agama dan multi-budaya.

 

Kami akhiri dengan memperbarui harapan terbaik kami untuk puasa yang berbuah dan Idul Fitri yang penuh sukacita, serta meyakinkan Anda akan kesetiakawanan kami dalam doa.

 

Dari Vatikan, 20 April 2018

 

Jean-Louis Kardinal Tauran

Ketua

 

Uskup Miguel Ángel Ayuso Guixot, M.C.C.I.

Sekretaris

__

 

NB : dialihbahasakan oleh Peter Suriadi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here