Peringati Hari Perawat Internasional, Yuk Intip Ragam Fungsi Keperawatan yang Jarang Diketahui!

0
83

Peringati Hari Perawat Internasional, Yuk Intip Ragam Fungsi Keperawatan yang Jarang Diketahui!

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Setiap tanggal 12 Mei, warga dunia memperingati Hari Perawat Internasional. Tanggal ini dipilih oleh The International Council of Nurses (ICN) pada tahun 1965 untuk menghormati jasa dan kontribusi para perawat di seluruh dunia. Hingga kini, hari peringatan ini terus dirayakan dari tahun ke tahun, mengingat pentingnya profesi perawat bagi sistem kesehatan, khususnya di tengah situasi pandemi.

Di Indonesia sendiri, menurut Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan, dijelaskan bahwa perawat adalah seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik di dalam maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Sebagian besar masyarakat mungkin mengenali perawat sebagai profesi yang bertugas menangani pasien di rumah sakit. Tapi ternyata, ada beragam jalur karier yang bisa dipilih oleh seorang perawat, selain menjadi perawat di rumah sakit. Apa saja pilihannya? Yuk, simak beberapa contohnya di bawah ini!

Perawat Home Care

Sesuai dengan namanya, profesi ini umumnya membantu pasien rawat jalan yang memerlukan perawatan medis di rumah. Perawat home care bisa menangani bayi, anak-anak, lansia, hingga pasien berkebutuhan khusus. Tugasnya pun cukup beragam, tergantung dengan kebutuhan tiap pasien, mulai dari merawat luka hingga melakukan terapi. Untuk menjadi perawat home care, diperlukan beberapa persyaratan, seperti pendidikan tinggi keperawatan, Surat Tanda Registrasi (STR), sertifikat pelatihan home care, dan Surat Izin Praktek (SIP).

Dibanding dengan bidang lainnya, perawat home care biasanya memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel.

Perawat di Perusahaan Tambang, Minyak dan Gas

Tidak hanya di lingkungan medis, tenaga perawat juga bisa melirik perusahaan tambang, minyak, dan gas ketika mempertimbangkan pilihan karier. Industri tersebut membutuhkan tenaga medis untuk mengantisipasi berbagai risiko pekerjaan di lapangan. Tentunya untuk bekerja dalam profesi ini, seorang perawat harus bersedia ditempatkan di area pertambangan.

Baca juga  Kerjasama dengan AVSEC, Karantina Merauke Berhasil Gagalkan Pengiriman Awetan Burung Cenderawasih

Perawat Klinik Kecantikan

Jenis profesi perawat yang satu ini sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai dunia kecantikan dan estetika. Seorang perawat kecantikan akan bertugas mendampingi dokter kecantikan untuk melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan perawatan kulit dan kosmetik, misalnya pencerahan kulit, perawatan laser, filler, botox, dan sebagainya.

Perawat di Kapal Pesiar, Hotel, dan Resort

Industri pariwisata juga kerap kali merekrut tenaga medis untuk bersiap sedia di lokasi tertentu, seperti kapal pesiar, hotel, atau resort. Yang membedakan profesi ini dengan profesi keperawatan lainnya yakni keterampilan khusus yang perlu dimiliki. Perawat di industri pariwisata umumnya perlu mengetahui teknik CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), teknik evakuasi dalam keadaan darurat, serta mampu mengelola inventaris medis. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga dapat membantu dalam profesi ini.

Perawat Maskapai

Setiap maskapai penerbangan biasanya diwajibkan untuk menyediakan minimal satu tenaga medis seperti perawat. Sedikit berbeda dengan perawat di industri pariwisata, tugas utama perawat maskapai adalah melakukan pengecekan kesehatan kru penerbangan untuk menghindari adanya kru yang bertugas dalam kondisi kurang sehat. Pemeriksaan yang umum dilakukan misalnya mengukur tensi darah serta pemeriksaan narkoba dan alkohol. Pemeriksaan untuk kru pesawat ini cukup standar, sehingga tidak memerlukan pelatihan khusus.

Perawat Ambulans Udara

Kini, jasa ambulans udara banyak tersedia untuk membantu pasien yang ingin berobat ke luar kota hingga luar negeri. Dalam ambulans udara ini, jasa perawat sangat diperlukan untuk mendampingi pasien karena adanya perbedaan tekanan saat penerbangan. Tugas yang perlu dilakukan antara lain menjaga kestabilan pasien dan memantau hemodinamik pasien. Biasanya, perawat di bidang ini akan menerima pelatihan khusus untuk penerbangan medis.

Baca juga  *Surat Terbuka Komite Aksi Solidaritas Untuk Kasus Munir*

Nah, itu dia berbagai jenis karier yang bisa menjadi pilihan bagi seorang perawat. Selain beberapa contoh tersebut, perawat yang sudah berpengalaman juga bisa menjadi pengajar serta melakukan penelitian, lho. Prospek kerja yang luas ini membuat profesi perawat sangat patut untuk dipertimbangkan. Menjadi perawat juga merupakan profesi yang mulia dan sangat dibutuhkan, khususnya di Indonesia yang masih mengalami keterbatasan tenaga medis. Bagi yang bercita-cita menjadi perawat, yuk siapkan diri sebaik-baiknya sejak dini untuk masuk ke perguruan tinggi impian dengan belajar bersama ribuan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar by ruangguru.

###

(Hotxben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here