Kalah, Tapi Memenangkan Banyak Hati

0
164

Oleh: P. Adriyanto

*_”Tidak tahukah kamu bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah?  Karena itu marilah begitu rupa sehingga kamu memperolehnya!_*

*_1 Korintus 9:24_*

Pertandingan bulutangkis Asian Games antara Anthony Sinisuka Ginting vs Yuki Shi berlangsung secara dramatis di mana Anthony dengan semangat yang sangat tinggi tetap berjuang walau otot kaki kirinya sudah sakit akibat kram. Dia menyerah setelah tidak bisa berdiri lagi.

Walaupun Anthony gagal/kalah, tapi ia telah memyenangkan banyak hati yang memujinya termasuk Shu yang menghampiri Anthony yang tergeletak meletakkan tangannya di dada Anthony dan menggenggam tangannya.

Kejadian di atas mengingatkan kita akan Kristus Yesus dan Petrus.

Ketika Yesus disalib, imam besar, orang-orang-orang Farisi dan mayoritas orang Yahudi mengatakan bahwa Yesus telah gagal, Yesus telah kalah dan memalukan. Namun tiga hari kemudian dengan kebangkitan-Nya, Kristus keluar sebagai pemenang.

Petrus yang pernah menyangkal Yesus dan setelah penyaliban Yesus, ia dan teman-temannya memutuskan untuk kembali ke pekerjaan sebelumnya yakni sebagai nelayan, sampai Yesus mencari dan menjumpai mereka dan berjalan di atas air danau Tiberias.

Yesus meminta Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya.

*”Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini? Jawab Petrus kepada-Nya: “benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.”*

*”Kata Yesus kepadanya:” gembalakanlah  domba-domba-Ku.”*

*Yohanes 21:15*

Setelah peristiwa itu, Petrus bertobat. Dalam khotbahnya, ia telah membuat 3.000 orang bertobat dan dibaptis, disusul dengan 5.000 orang lagi. Petrus yang sebelumnya gagal dan menjadi pecundang, tapi kemudian ia berhasil membangun jemaat mula-mula, Petrus adalah pemenang (baca Kis 2:1~44).

Petrus yang hanya seorang nelayan sederhana, tidak pernah belajar Alkitab, tapi ia diurapi Roh Kudus, sehingga banyak menenangkan jiwa orang.

Kita juga bisa menjadi pemenang dalam segala bidang, asal kita menerima Yesus dan memohon urapan Roh Kudus.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here