Yesus Telah Memerdekakan Kita

0
363

Oleh: P. Adriyanto *_”Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi  yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu._*

*_Yohanes  8:31_*

Allah telah memerdekakan umat Israel dari kekuasaan Firaun dan membimbing mereka ke tanah perjanjian.

Yesus datang untuk memerdekakan semua umat manusia yang tetap dalam Firman-Nya, dan memegang kebenaran. Kebenaran merupakan syarat utama kemerdekaan, yang merupakan *_conditio sine qua non (teori persyaratan dari Von Buri)_*

Yesus memerdekakan kita terutama dari belenggu dosa dan kematian karena kelicikan iblis dengan segala pengaruhnya yang menyesatkan kita seperti percaya pada ramalan manusia, horoskop, jimat-jimat, hongsui, dan lain-lain.

Jangan sekali-kali kita terbujuk untuk mengikuti keinginan-keinginan iblis karena ia adalah bapa dari segala dusta.

*”Iblis lah yang menjadi Bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dosa.”*

*Yohanes 8: 44*

Bila kita akrab dengan iblis, maka hidup kita juga jauh dari kebenaran, sehingga kita tidak akan memperoleh kemerdekaan yang diproklamasikan oleh Kristus Yesus.

Kita berasal dari Allah dan kita adalah anak-anak Allah, dan karena kasih karunia-Nya, telah menyelamatkan dan menganugerahkan kemerdekaan kepada kita.

Kristus juga akan memerdekakan kita dari kecemasan, sakit penyakit, ketakutan akan kematian, berbagai penderitaan, marabahaya dan pencobaan.

Kita harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita dan mengisi kemerdekaan tersebut dengan bersyukur dan berterima kasih, mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama dan berbuat kebaikan berlandaskan kebenaran.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here