Roh Kudus Menjadikan Kita Milik Allah

0
1195

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

ROH KUDUS MENJADIKAN KITA MILIK ALLAH.

 

Inilah satu hal yang mau ditekankan dalam ayat renungan hari ini.

 

Tertulis dalam Efesus 1:14 sbb: “Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya”.

 

Dari ayat ini, sebenarnya masih ada yang dapat ditambahkan pada judul di atas, yaitu untuk apa Roh Kudus menebus dan menjadikan kita menjadi milik Allah?

 

Jawabnya sudah ada, yaitu “untuk memuji kemuliaan-Nya” atau “untuk menjadi kemuliaan bagi-Nya” atau pun untuk “menjadi kemuliaan-Nya”, “menjadi kemuliaan bagi Allah”.

 

Membaca Efesus 1:3-14, di mana ayat 14 menjadi ayat terakhir perikope ini, dengan judul: “Kekayaan orang-orang yang terpilih”. Di sini kita temukan beberapa hal yang sangat mendasar, yaitu:

 

a. Di dalam Yesus, Allah telah memilih kita sebelum dunia diciptakan. Tujuannya, supaya kita supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya (ay.4).

 

b. Dalam kasih-Nya, Allah telah menentukan kita dari semula, oleh Yesus Kristus, untuk menjadi anak-anak-Nya. Tujuannya, supaya kita memperoleh kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita, melalui Yesus Kristus ( bnd ay. 5-6).

 

c. Di dalam Yesus Kristus, dan oleh darah-Nya, kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa (bnd.ay.7).

 

d. Pengampunan dosa ini pun, berasal dari kekayaan kasih ksrunia-Nya (bnd. ay.6-7).

 

e. Allah melimpahkan kasih karunia ini kepada kita, dalam segala hikmat dan pengertian (bnd. ay.9).

 

f. Semua ini adalah bagian dari rahasia kehendak-Nya kepada kita. Artinya, Allah menyatakan (membukakan) rahasia kehendak-Nya bagi kita, kepada kita manusia (bnd. ay.9).

 

g. Dan ini juga adalah sesuai dengan kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus (bnd. ay.9).

 

h. Untuk apa? Agar segala sesuatu dipersatukan di dalam Kristus, dan Kristuslah sebagai Kepala dari segala seduatu, baik yang di sorga mau pun yang di bumi (bnd. ay.10).

 

h. Supaya menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya (bnd. ay.12).

 

i. Setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus, sebenarnya dimeteraikan dengan Roh Kudus (bnd. ay.13).

 

Lalu apa maksudnya, kalau dikatakan bahwa ” ROH KUDUS MENJADIKAN KITA MILIK ALLAH UNTUK MEMUJI KEMULIAANNYA? “.

 

Jawabnya sederhana, agar kita menyadari kedaulatan Tuhan dalam hidip kita dan tanggungjawab kita sebagai umat-Nya atau individu yang percaya kepada-Nya.

Agar kita menaati Dia sebagai tanggapan atau respons kita atas anugerah-Nya, yang telah dikaruniakan -Nya kepada kita.

 

Paling tidak, jelas bagi kita hal-hal berikut ini:

 

Pertama: Keselamatan itu adalah dari Tuhan, anugerah Tuhan.

 

Ini adalah berkat rohani dari Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Hanya di dalam Yesus Kristus, kita memiliki segala sesuatu yang kita butuhkan dalam pelayanan.

 

Kedua: Keselamatan itu semuanya karena anugerah semata. Anugerah artinya, kemurahan Tuhan yang dicurahkan-Nya kepada kita.

Kita sesungguhnya adalah “orang yang tidak layak untuk menerimanya”.

Kita juga adalah “orang yang tidak mungkin dapat meraihnya”.

Keadaan atau status kita adalah “tidak layak menerima” dan (walau kita berusaha dengan segala kekuatan kita) “tidak mungkin meraihnya”.

 

Dalam keadaan atau kondisi sedemikian itulah, “keselamatan itu dianugerahkan Allah, di dalam dan melalui Yesus Kristus”, kepada kita.

 

Ketiga: Keselamatan yang kita terima itu adalah untuk kemuliaan Tuhan. Artinya, dari keberdosaan kita, Allah telah menyelamatkan kita, karena itu marilah kita menggunakannya demi kemuliaan-Nya.

 

Hidup adalah kesempatan untuk memuliakan Tuhan. Sepanjang hidup, menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

 

Keempat: Keselamatan itu mengungkapkan keagungan Tuhan. Artinya, melalui Roh Kudus yang berdiam dalam diri kita, mata rohani kita dibukakan (dicelikkan) untuk melihat kebesaran kuasa Allah dalam Yesus Kristus.

Kuasa inilah yang kita harus andalkan untuk memenuhi segala apa yang kita perlukan (segala kebutuhan kita) dalam hidup ini, setiap hari.

 

Selamat berakrivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here