Bersatu Melalui Lagu

0
431

 

 

 

Oleh: Sigit Triyono (Sekum LAI)

www.alkitab.or.id

 

 

Awal Maret 2018 lalu LAI melaunching secara internal Trio Vocal Group “ALUS” yang anggotanya adalah tiga gadis cantik karyawan LAI: Evi, Caroline dan Marlin dengan organis Yosaba. “ALUS” adalah singkatan dari “Alkitab Untuk Semua”. Tujuan pembentukan kelompok vokal ini adalah untuk mengisi acara-acara internal LAI maupun acara para mitra LAI agar semakin mempererat hubungan persaudaraan dan “tali kasih”. Tentu tujuan paling utama adalah memuliakan nama Tuhan melalui lagu-lagu pujian di berbagai event.

Melalui nyanyian manusia dapat mengekspresikan perasaan dan spiritualitasnya secara mendalam lebih dari  kata-kata maupun tulisan. Sukacita, sedih, semangat, bangkit, bersyukur, menyesal, memuja, memuji, memohon, dan lain sebagainya, yang merupakan ungkapan rasa serta spiritualitas seseorang, dapat tersalur melalui nyanyian.

Mulai awal April 2018, seusai doa pagi, karyawan LAI di Gedung Pusat Alkitab Jl Salemba No 12 Jakarta berlatih menyanyikan lagu pemersatu “Alkitab Untuk Semua”. Lagu ini diciptakan pada September 2016 oleh Mitra LAI Medan yaitu St. Drs. S. Maibang, MM. dengan judul “LAI”. Lagu ini khusus dipersembahkan untuk LAI dan sudah pernah dinyanyikan oleh Paduan Suara Mitra LAI di Wilayah Sumatera Utara pada acara perayaan ulang tahun LAI ke 63 di wilayah perwakilan LAI Medan Februari 2017.

Karena sudah dipersembahkan untuk LAI, maka saya minta semua karyawan LAI memanfaatkan lagu ini untuk membangkitkan semangat dan menyatukan langkah bersama. Sesudah berlatih selama dua minggu, sekarang semua sudah merasakan ada aura semangat dan kebersatuan sebelum memulai pekerjaan setiap pagi. Apalagi sesuai menyanyi disambung dengan meneriakan yel-yel: “Apa kabar? Selalu Antuasias!!” (3x) “LAI? Alkitab Untuk Semua!!”

Syair lagu pemersatu di atas adalah sebagai berikut:

“Lembaga Alkitab Indonesia

Menyebarkan Alkitab tuk semua

Umat Kristiani ke seluruh penjuru Indonesia sampai ke pedesaan.

Agar dapat bertemu, berinteraksi dengan Tuhan

Serta mengalami hidup baru di dalam Kristus Penebus penolongnya

Itulah visinya doakan dukunglah

LAI MAJU TERUS!”

Irama lagu di atas dinyanyikan dengan nada D = do dan birama 4/4 yang mampu mengskrepresikan keteraturan dan semangat karena memiliki tempo cepat seperti orang berbaris. Dengan sedikit modifikasi dan atas persetujuan penciptanya, bagian akhir lagu ini dibuat lebih menghentak bertenaga (dinamik marcato).

Dengan realitas kebutuhan setiap organisasi (tak terkecuali LAI) agar selalu memiliki semangat, kebersatuan dan kesehatian dalam melangkah, maka menyanyikan secara bersama lagu di atas sungguh mampu membangkitkan antusiasme, sukacita, dan kekompakan.

Minggu-minggu ini LAI sungguh merasakan betapa baiknya Tuhan yang telah mengirimkan banyak sekali bala bantuan melalui orang-orang yang peduli dan mengasihi LAI. Kami semua sangat bersyukur dan semakin optimis, serta lebih bergairah dalam mewujudkan *“Alkitab Untuk Semua.”*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here