STATISTIK TENTANG KEKRISTENAN SEDUNIA SAAT INI

0
4320

Oleh: Hotben Lingga

FrikirkenTønsbergStudi demografis lengkap di lebih dari 200 negara menunjukkan pada tahun 2010 terdapat 2,18 milyar orang Kristen di seluruh dunia, sekitar sepertiga dari total 6,9 milyar manusia. Orang Kristen secara geografis juga telah tersebar luas di seluruh tempat, sehingga tidak ada satu wilayah atau benuapun yang dapat mengklaim dirinya lagi sebagai pusat kekristenan dunia.

Seabad yang lalu, pada tahun 1910, sekitar dua pertiga orang Kristen sedunia tinggal di Eropa, di mana selama seribu tahun lebih menjadi wilayah Kristen terpenting/terbesar. Saat ini hanya seperempat dari total umat Kristen sedunia yang tinggal di Eropa (26%). Jumlah terbesar orang Kristen, lebih dari sepertiga, saat ini tinggal di Benua Amerika (37%). Sekitar 1 dari 4 orang Kristen tinggal di Sub Sahara Afrika (24%), dan sekitar satu dari delapan orang Kristen terdapat di Asia dan Pasifik (13%).

Jumlah orang Kristen di seluruh dunia telah berlipat ganda empat kali dalam 100 tahun terakhir ini, dari sekitar 600 juta di tahun 1910 menjadi lebih dari 2 milyar di tahun 2010. Tetapi secara keseluruhan jumlah penduduk dunia telah naik/berkembang secara cepat, dari sekitar 1,8 milyar orang pada tahun 1910 menjadi 6,9 milyar orang pada tahun 2010. Jadi dari segi jumlah, persentase orang Kristen saat ini (32%) hampir sama dengan persentase  orang Kristen seabad yang lalu (35%).

Akan tetapi, walaupun pertumbuhan Kristen masih stabil,  tetapi telah terjadi pergeseran yang sangat penting. Walaupun Benua Eropa dan Amerika masih merupakan rumah bagi mayoritas orang Kristen sedunia (63%), persentase itu jauh lebih rendah dari tahun 1910 (93%). Jumlah orang Eropa dan Amerika yang Kristen telah menurun dari 95% menjadi 76% di tahun 2010 di Eropa secara keseluruhan, dan dari 96%  menjadi 86% di benua Amerika secara keseluruhan.

Pada waktu yang sama, Kekristenan telah sangat berkembang di Sub-Sahara Afika dan wilayah Asia-Pasifik, dimana sebelumnya pada awal abad 20 relatif hanya ada sedikit orang Kristen. Persentase orang Kristen di Sub-Sahara Afrika melonjak dari 9% di tahun 1910 menjadi 63% di tahun 2010. Sedang di wilayah Asia-Pasifik kekristenan bertumbuh dari 3% menjadi 7%. Kekristenan sedunia saat ini, tidak seperti seabad yang lalu, sungguh-sungguh merupakan iman yang mendunia.

Secara keseluruhan, menurut data tahun 2010, Kekristenan saat ini merupakan kelompok agama terbesar di dunia (32%). Islam merupakan kelompok agama terbesar kedua dunia yang berjumlah kurang sedkit dari seperempat populasi dunia (sekitar 1,6 milyar orang (23,4% dari total populasi dunia)

 

Aliran aliran Kristen:

Roma Katolik: Aliran Gereja Roma Katolik merupakan kelompok Kristen terbesar di dunia saat ini dengan lebih dari satu milyar pengikut yang berarti hampir separuh populasi Kristen dunia.

Protestan:Ada kira-kira 800 juta umat Protestan di dunia (37%). Protestantisme saat ini terbagi/terpecah menjadi sekitar 41.000 organisasi/denominasi yang tumpang-tindih (overlapping) satu sama lain. Kaum Protestan Injili (termasuk di dalamnya aliran Pentakosta dan Karismatik) mengklaim mempunyai anggota sekitar 600 juta orang.

Ortodoks: Ada kira-kira 260 juta orang Kristen Ortodoks di dunia ini (12%)

Kristen yang lain (seperti Mormon, Saksi Jehova, dll) berjumlah 1% dari  total populasi Kristen dunia.

 

Penyebaran Orang Kristen di Seluruh Dunia

Hampir separuh (48%) dari semua orang Kristen tinggal di 10 negara dimana mayoritas penduduknya beraga Kristen. Tiga dari 10 negara besar ini ada di benua Amerika (Amerika Serikat (246,780,000 (79.5% dari populasi)), Brazil (175,770,000 (90.2% dari populasi)) dan Meksiko (107,780,000 (95% dari populasi)).  Dua ada di Eropa (Rusia (105.000.000/ 73,6%) dan Jerman), dua di wilayah Asia Pasifik (Filipina dan Cina), dan tiga di wilayah sub-Sahara Afrika (Nigeria, Republik Demokrasi Kongo, dan Ethiophia), yang menggambarkan daerah dunia Kristen. Jumlah Kristen di Inggris adalah 45 juta.

Jadi, di daerah manakah kekristenan merupakan kelompok terbesar di dunia?

 

Daerah Dunia Selatan  (The Global South)

Negara-negara berkembang “Dunia Selatan” khususnya Afrika, Asia dan Amerika Latin sedang mengalami perkembangan kekristenan yang sangat cepat. Sementara kekristenan di Negara-negara maju “Daerah Dunia Utara” (Global North) (Amerika Utara, Eropa, Australia, Jepang dan Selandia Baru) justru mengalami kemunduran/penyusutan. Seabad yang lalu, populasi Kristen di daerah dunia utara empat kali lebih banyak dari populasi Kristen di daerah dunia selatan. Saat ini, lebih dari 1,3 milyar orang Kristen tinggal di daerah dunia selatan (61%), dibandingkan dengan sekitar 860 juta di daerah  dunia utara (39%).

Setelah 70 tahun mengalami penindasan di Uni Soviet, jumlah orang yang bertobat dari Komunisme/Atheisme menjadi Kristen saat ini sekitar 100 juta lebih. Di India ada 15.000 petobat baru setiap bulannya. Di Cina saja, lebih dari 30.000 orang bertobat setiap harinya, saat ini terdapat lebih dari 80 juta orang Protestan. Dalam beberapa tahun ini, Alkitab menjadi buku paling laris di Jepang. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang, penduduk Jepang diminta untuk menyebut nama pemimpin agama terbesar di dunia, 67% menjawab,”Yesus Kristus”.

 

Daerah Utara Dunia (The Global North)

Akan tetapi sekalipun orang Kristen lebih banyak di Dunia Selatan, konsentrasi orang Kristen jauh lebih tinggi di Dunia Utara, dimana 69% dari populasinya beragama Kristen. Sebaliknya, 24% orang yang tinggal di Dunia Selatan adalah Kristen. Ini menggambarkan kenyataan bahwa total populasi Dunia Selatan adalah sekitar 4,5 kali lebih banyak dari populasi Dunia Utara.

Dari segi wilayah dan angka, saat ini Eropa tidak lagi mendominasi kekristenan sedunia seperti 100 tahun yang lalu. Porsi terbesar orang Kristen saat ini ada di:

 

Benua Amerika

Dari lima wilayah geografis utama dunia, benua Amerikalah yang  memiliki baik jumlah terbesar maupun proporsi tertinggi orang Kristen di dunia. Lebih dari sepertiga orang Kristen sedunia (37%) tinggal di benua Amerika, dimana hampir 9 dari 10 orang (86%) beragama Kristen. Tiga Negara dengan populasi Kristen terbesar, -AS, Brasil dan Meksiko-, ada di benua Amerika. Gabungan tiga negara ini saja sudah membentuk 24% orang Kristen dunia (Hampir satu dari 4 orang Kristen di dunia ini). Proporsi populasi Kristen di tiga Negara ini hampir sama dengan keseluruhan populasi Kristen Eropa (26% dari total populasi Kristen dunia) dan semua populasi Kristen Negara Sub-Sahara Afrika (24%). Sekalipun populasi orang Kristen di benua Amerika menurun dari 96% di tahun 1910 menjadi 86% di tahun 2010, jumlah orang Kristen di Benua Amerika adalah 37% dari populasi Krsiten dunia, naik dari 27% di tahun 1910.

Saat ini di AS terdapat sekitar 79,5 % orang dewasa (247 juta orang) menyebut dirinya Kristen. Agama kedua dan ketiga terbesar di AS adalah Agama Yahudi dan Islam. Gabungan jumlah penganut Yahudi dan Islam adalah kurang dari 3% dari total populasi AS. Jumlah orang Kristen di AS adalah 11.3 %  dari populasi Kristen sedunia.

Akan tetapi, ada lebih dari 1500 kelompok iman Kristen yang berbeda di Amerika Utara.

 

Sub-Sahara Afrika dan Asia-Pasifik

Jumlah gabungan orang Kristen di Sub-Sahara Afrika dan Asia-Pasific adalah sekitar 800 juta jiwa, kira-kira sama dengan jumlah orang Kristen di Benua Amerika. Lima dari 10 negara utama yang memiliki populasi Kristen terbesar ada di Afrika (Nigeria, Kongo dan Ethiopia) maupun di Asia (Filipina dan Cina). Selain itu, pertumbuhan paling cepat populasi Kristen dalam seabad ini terjadi di Sub-Sahara Afrika (kira-kira 60 kali lipat kenaikannya, dari kurang dari 9 juta orang di tahun 1910 menjadi 516 juta di tahun 2010). Pertumbuhan paling pesat kedua terjadi di wilayah Asia-Pasifik (kira-kira kenaikannya 10 kali lipat, dari sekitar 28 juta di tahun 1910 menjadi 285 juta di tahun 2010).

 

Jelaslah, kekristenan telah tersebar jauh dari asal-usul historisnya. Misalnya:

  • Walaupun Kekristenan berawal di Timur Tengah-Afrika Utara, saat ini wilayah tersebut justru merupakan wilayah geografis dengan jumlah orang Kristen paling sedikit/kecil (sekitar 13 juta orang) dan menjadi wilayah dimana konsentrasi orang Kristen terendah (sekitar 4% dari populasi wilayah)
  • Indonesia, negeri berpenduduk Islam terbesar, memiliki jumlah orang Kristen yang lebih besar daripada gabungan jumlah orang Kristen dari 20 negara di Timur Tengah-Afrika Utara.
  • Jumlah penganut Protestan (semua aliran termasuk Anglikan) di Nigeria dua kali lebih banyak daripada Jerman, tempat lahir Reformasi Protestan.
  • Jumlah penganut Katolik di Brazil lebih dua kali lebih banyak dari penganut Katolik di Italia.
  • Jumlah penganut Katolik di AS melonjak 3 kali lipat dalam tiga dekade belakangan ini menjadi sekitar 25%, karena banyaknya imigran dari Amerika Latin, Filipina, dan Eropa Timur dan Tengah yang masuk ke AS.
  • Di Brazil seratus tahun yang lalu, tidak ada orang Protestan. Pada tahun 1980 ada sekitar 12 juta orang Protestan. Pada tahun 1995 jumlah orang Protestan telah berkembang menjadi lebih dari 40 juta, dengan lebih dari 80.000 gereja dan 150 stasiun radio dan TV Kristen. Pada tahun 2000 populasi Protestan menjadi 50 juta jiwa.Paling sedikit 5 gereja Protestan baru dibangun di Brasil setiap minggu, dan 5000 gereja baru setiap tahunnya.
  • Penduduk Amerika Latin sekitar 400 juta orang, saat ini lebih dari 50 juta jiwa telah beralih menjadi Protestan. Pada akhir dekade ini, mayoritas orang di Brazil, Guatemala, Honduras dan Elsavador akan menjadi Protestan Injili. Chile, Kostarika,dan Bolivia sudah sekitar 40% menjadi Protestan. 35% lebih orang Meksiko menjadi Protestan. Sekitar 34.000 orang Amerika Latin yang menjadi Protestan setiap harinya. Dari sekitar 3,5 juta penduduk Puerto Rico, 1 juta orang juga telah menjadi Protestan.
  • Walaupun orang Kristen hanya sepertiga penduduk dunia, mereka merupakan penduduk mayoritas di 158 negara dan wilayah, sekitar dua pertiga dari semua Negara dan wilayah di dunia ini.
  • Sekitar 90% orang Kristen tinggal di Negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Krsiten; hanya sekitar 10% orang Kristen sedunia yang tinggal sebagai kelompok minoritas.

 

Misionaris dan Pekerja Kristen

 

Ada sekitar 410.000 misionaris dari semua aliran Kristen. Hanya 2-3% misionaris yang bekerja diantara orang-orang yang belum terjangkau. Ada 140.000 misionaris Protestan, 64.000 misionaris Protestan berasal dari AS (30%). Di dunia yang belum terinjili, ada 20.500 pekerja Kristen penuh waktu dan 10.200 misionaris asing. Di dunia non-kristen yang sudah diinjili, ada 1.31 juta pekerja Kristen penuh waktu. Di dunia Kristen, ada 306.000 misionaris asing diutus ke negeri-negeri Kristen lainnya. Juga ada 4.19 juta pekerja Kristen penuh waktu (95%) yang bekerja di dunia Kristen.

 

Saat ini terdapat 680 juta orang Kristen Protestan Injili yang aktif dan berkomitmen untuk Kristus. Rata-rata 120 juta orang diperkenalkan setiap tahun kepada Injil atau sekitar 260,274 orang diinjili setiap harinya. Sekitar 1,7 milyar orang mendengar radio atau menonton TV Kristen setiap bulannya. Setiap hari jumlah orang yang bertobat menjadi pengikut Kristus sekitar 174.000 orang di seluruh dunia. 3500 gereja baru dibuka setiap minggu di seluruh dunia. Jumlah orang Kristen di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 25 %.

 

Penganiayaan terhadap orang Kristen banyak terjadi di Saudi Arabia, Sudan, Somalia, Yaman, Korea Utara, Laos, Vietnam, China, Iran, Maroko, Libya, Mesir dan Alzajair. Sekitar 160.000 orang Kristen mati martir per tahunnya.

 

Lembaga-lembaga Alkitab Protestan mendistribusikan sekitar 70 juta alkitab setiap tahun di seluruh dunia. Ada 6 juta buku tentang kekristenan saat ini.

 

Oleh: Hotben Lingga (artikel ini disarikan dari Pew Forum Research)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here