DOA MENEGUHKAN IMAN

0
335

DOA MENEGUHKAN IMAN

 

Pdt. Juli Setiawaty
Matius 26:36-46 : Lukas 22 :39-46

Pada Minggu/24/2024, bertempat di GBI M-9 Ruko Gading Bukit Indah, Kelapa Gading Jakarta Utara Seperti biasanya diselenggarakan Ibadah Minggu yang dilayani oleh Pdt. Juli Setiawaty. Kotbah diambil dari Matius 26: 36-46.

Mengawali kotbahnya memaparkan penting doa bagi setiap orang percaya, karena memang doa adalah nafas orang percaya. Katanya”. Dengan menguraikan tiga hal ” mengapa kita perlu berdoa?

Yang Pertama : Sebab pencobaan tidak pernah sirna, seperti tertulis dalam Lukas 22:40, ketika Yesus berkata di Taman Getsemani “berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan”. Setiap manusia diperhadapkan pada masalah dan Pencobaan hidup. Masalah : keuangan, keluarga dll, itu sebabnya perlu berdoa berserah sepenuhnya pada Tuhan, supaya Tuhan memberikan kemampuan bagi kita dalam menjalani hidup ini. Dan tentu saja orang yang berbahagia adalah mereka yang bertahan dalam Pencobaan sebab akan menerima mahkota kehidupan, seperti tertulis dalam Yakobus 1 ayat 12, ungkapnya”.

Yang Kedua : Berdoa supaya tahu Kehendak Tuhan. Sama seperti Yesus ketika diperhadapkan pada pergumulan yang hebat akan misi penyelamatan manusia dari dosa, di taman Getsemani berdoa dengan mengucapkan doanya:
“Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” ( Lukas 22:42), dan

Yang ketiga : Kita berdoa karena kita Lemah.
Daging memang lemah tapi roh penurut, itu yang diucapkan Yesus kepada Murid-murid-Nya, yang ikut ajakan Yesus Murid dan kita sebagai manusia, penuh dengan keterbatasan ; kita tidak dapat mampu menjalani hidup ini dengan penuh tantangan, dengan demikian dalam doalah bukti ketergantungan kita kepada Allah ; manusia ada titik batas untuk menolong kita, namun Allah sanggup memberi pertolongan bagi kita yang percaya. Tutupnya dengan matap”.

Baca juga  Taat Bayar Pajak, SKINTIFIC Indonesia (PT May Sun Yvan) Diapresiasi Penghargaan dari Kanwil DJP Jakarta Barat

( Fridris Jimson S, S.Th )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here