Produk Manufaktur Cerdas Taiwan akan Dukung Transisi Industri di Indonesia

0
167

Produk Manufaktur Cerdas Taiwan
akan Dukung Transisi Industri di Indonesia

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Sejumlah perusahaan serta produk-produk manufaktur cerdas asal Taiwan ikut meramaikan gelaran pameran Manufacturing Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, 6-9 Desember 2023. Hal tersebut menunjukkan komitmen Taiwan dalam mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, yang mendukung transisi dari sistem manufaktur industri konvensional kepada sistem industri yang ramah lingkungan.

Sebagai negara eksportir peralatan mesin terbesar kelima di dunia, Taiwan memainkan peran penting dalam mendukung rantai pasokan industri Indonesia untuk meningkatkan upaya kinerja Indonesia dalam tren tersebut. Pada tahun 2022, nilai ekspor peralatan mesin Taiwan mencapai 3,02 miliar dolar AS, meningkat setiap tahun sebesar 8,6%.

Saat ditemui dalam acara pameran, Frank Lu selaku Director of Economic Division Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, menyampaikan bahwa hubungan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia cukup menjanjikan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat sebesar 51,7 poin pada November 2023, yang mengindikasikan pertumbuhan tanpa henti selama 27 bulan berturut-turut. Oleh karena itu diharapkan melalui pameran dagang ini, produk dan layanan yang ditampilkan Taiwan dapat berkontribusi pada perluasan lebih lanjut dari kapasitas industri Indonesia, dan juga berperan penting dalam pengembangan manufaktur pintar di dalam negeri.

Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok peralatan mesin pintar terbesar untuk pasar Indonesia. Pada tahun 2022, Taiwan mengekspor peralatan mesin pintar senilai 35 juta dollar ke Indonesia, menjadikan Taiwan sebagai salah satu sumber impor mesin bagi Indonesia. Masih banyak ruang untuk peningkatan, karena Indonesia terus meningkatkan produksi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Baca juga  GABUNGAN PENGUSAHA KELAPA SAWIT INDONESIA (GAPKI): PRODUKSI DAN EKSPOR CPO TURUN, STOK NAIK

Salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan yang turut meramaikan pameran tersebut yakni HIWIN Corporation yang memamerkan produk Torque Motor Rotary Table (TMRT), yang menggunakan motor torsi penggerak langsung berpendingin air, bantalan dengan kekakuan dan presisi tinggi, encoder sudut absolut, dan sistem rem yang super kuat. Dibandingkan dengan mechanical table, TMRT memiliki karakteristik kecepatan dan torsi tinggi, cocok untuk kebutuhan berbagai peralatan permesinan.

Produk tersebut diklaim tidak mengalami reaksi balik dalam proses pemesinan karena dihilangkannya struktur transmisi mekanis, sehingga meningkatkan stabilitas akurasi pemesinan, yang berbeda dengan mechanical indexing table. Melalui pemasangan produk TMRT HIWIN, peralatan permesinan dapat ditingkatkan menjadi aksis 3+1, 4 aksis, atau 5 aksis untuk mencapai proses penjepitan satu kali, meningkatkan efisiensi pemrosesan, dan meningkatkan kapasitas produksi.

“HIWIN berdiri sejak tahun 1989, dan ada di indonesia sejak 2006. Saat itu HIWIN produknya ada ballscrews linear gateway, dan sekarang produknya lebih lengkap. Kita mencari sistem integrator untuk kerjasama di pasar indonesia, dan servis kami ke lebih banyak customer untuk upgrade buat pabrik otomasinya dengan produk-produk HIWIN. Sekarang di Indonesia juga arahnya semakin banyak ke electric car ya, dan lagi buka pabrik-pabrik juga dan sudah banyak brand yang buka di Indonesia, HIWIN juga lagi siap-siap untuk kerjasama menjadi partner untuk supply sparepart,” kata Sales Representative of HIWIN, Mr. Zack Chen.

Sebanyak lebih dari 50 perusahaan Taiwan yang bergerak di bidang industri hadir di pameran Manufacturing Indonesia 2023. Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung yang mengunjungi Paviliun Taiwan Smart Manufacturing (Hall A3, Stand No. 3216) mencapai lebih dari 500 orang selama 4 hari pameran. Sebanyak lebih dari 30 media ikut meliput Paviliun Taiwan dalam pameran tahunan yang diselenggarakan di Manufacturing Indonesia 2023. Terdapat 3 asosiasi yang menyelenggarakan Paviliun Taiwan di pameran Manufacturing Indonesia 2023 ini, antara lain Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), Taiwan Machine Tools Builders Association (TMBA) dan Taiwan Fluid Power Association (TFPA).

Baca juga  Maklumat Kebangsaan Aktivis 98, Akademisi, Mahasiswa dan Pejuang Pro Demokrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here