Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Gelar KALTIM EXHIBITION 2023 Di Sarinah Mall Jakarta

0
271

Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Gelar KALTIM EXHIBITION 2023 Di Sarinah Mall Jakarta

Jakarta, 23 Juni 2023 –

Pameran Kaltim dengan tema Kriya Wastra Nusantara akan digelar pada tanggal 23 – 25 Juni 2023 mendatang yang diadakan di Sarinah Mall, Jakarta dan akan menampilkan beragam seni dan budaya daerah maupun berbagai pertunjukan menarik telah disiapkan untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya Benua Etam. Beberapa di antaranya adalah Tari Jepen dari Kutai Kartanegara, Tari Leway Hemut dari Kutai Timur, fashion show dari Samarinda yang disertai oleh musik dan lagu Tingkilan Kreasi, Tari Jepen Belang Hatta dan tampilan Hudoq yang dipersembahkan oleh UPTD Taman Budaya serta berbagai pertunjukan seni lainnya.

Raihan Fida Nuzband (Kepala Badan Penghubung Daerah Kaltim) dalam sambutannya menyampaikan ; “Saya selaku ketua panitia acara Kaltim Exhibition ucapkan terima kasih karena telah datang dan berpartisipasi dalam rangkaian acara Kaltim Exhibition di gedung Sarinah Jakarta. Begitu juga berterima kasih kepada seluruh panitia, teman-teman Badan Penghubung juga dari seluruh SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang turut membantu dan berpartisipasi atas terselenggaranya acara ini. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT berkat rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini di acara Kaltim Exhibition dengan tema “Kriya Wastra Untuk Nusantara”.

Kegiatan ini dilatarbelakangi adalah merupakan salah satu tugas dan fungsi Badan Penghubung Kaltim sebagai duta atau wakil pemerintah daerah di Jakarta. Kami memfasilitasi koordinasi informasi mengenai Kalimantan Timur bersama SKPD terkait, berupaya memberikan pelayanan informasi daerah kepada masyarakat luas dan mempromosikan potensi serta prestasi daerah dan seni budaya.

Endang Sri Wahyuni sebagai Sekda Kaltim mengatakan bahwa pameran ini diikuti oleh perwakilan kabupaten/kota.
Ada banyak pertunjukan menarik yang disiapkan untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya Benua Etam. Beberapa contohnya adalah Tari Jepen dari Kutai Kartanegara, Tari Leway Hemut dari Kutai Timur, fashion show dari Samarinda yang didampingi oleh musik dan lagu Tingkilan Kreasi, Tari Jepen Belang Hatta dan penampilan Hudoq yang dibawakan oleh UPTD Taman Budaya serta berbagai pertunjukan seni lainnya.

Baca juga  Carlo Acutis Seorang Yang Kudus.

Selain itu, Kaltim Exhibition 2023 juga akan diramaikan oleh atraksi permainan tradisional, atraksi live tatok motif Dayak, serta Flashmob Jepen Kreasi. Booth pameran Kaltim akan diisi oleh Dinas Pariwisata dan Dekranasda Kabupaten/Kota di Kaltim.

Selain itu, expo pameran produk unggulan UMKM Kaltim juga akan ikut menyemarakkan Kaltim Exhibition Kriya Wastra Nusantara.

Kaltim Exhibition tahun ini yang mengangkat tema “Kriya Wastra untuk Nusantara” merupakan ajang promosi daerah. Acara ini bertujuan untuk mendekatkan Kaltim kepada warga ibu kota negara DKI Jakarta dan masyarakat di luar Kaltim. Terlebih, Kaltim tengah dipersiapkan sebagai ibu kota negara baru bagi Indonesia yang akan menggantikan Jakarta.

Kaltim Exhibition ini bukan hanya sebagai promosi budaya, pariwisata, dan investasi. Tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada orang-orang di luar daerah mengenai IKN Nusantara yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here