PT Multistrada Arah Sarana Optimistis Perkuat Pasar Domestik dan Ekspor, Catat Kenaikan Penjualan di Beberapa Negara

0
168

PT Multistrada Arah Sarana Optimistis Perkuat Pasar Domestik dan Ekspor, Catat Kenaikan Penjualan di Beberapa Negara

 

Jakarta, 13 Juni 2023 –

 

PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk (MASA) optimistis tren pemulihan pada 2023 berlanjut dan semakin kuat. Sepanjang 2022, MASA membukukan pendapatan bersih yang positif jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. MASA mencatatkan kenaikan disribusi penjualan bersih pada pasar ekspor di negara-negara Amerika, Asia, dan Australia di kuartal pertama 2023.

Presiden Direktur PT Michelin Indonesia, Sai Banu Ramani mengatakan bahwa pasar domestik tetap menjadi fokus, karena potensi pasar yang masih luas serta peluang terus tumbuh sehingga bisa mendorong kenaikan penjualan. Selain terus memperkuat pasar domestik, MASA juga akan memperluas dan menambah pasar ekspor.

“Kami optimistis 2023 akan terus membaik karena kami memiliki portfolio yang cukup lengkap, baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Mulai dari Michelin, BF Goodrich, Uniroyal, dan Corsa. Kami juga melihat peluang di pasar ekspor yang mengalami kenaikan penjualan di sejumlah negara dan menyumbangkan lebih dari 80 persen distribusi penjualan bersih pada 2022,” kata Banu dalam Paparan Publik (Public Expose) usai rapat umum pemegang saham tahunan dengan agenda penyampaian laporan kinerja tahun 2022 dan perubahan direksi.

Laporan keuangan MASA menunjukkan penurunan pada penjualan ban mobil penumpang dan ban sepeda motor pada 2022. Hal ini disebabkan berbagai faktor kondisi global yang penuh gejolak, seperti perang antara Rusia dan Ukraina serta pandemi Covid-19 yang berdampak kepada berbagai sektor ekonomi. Meskipun begitu, MASA dapat menjaga kinerja perusahaan dengan pendapatan bersih yang sepadan dengan performa pada tahun 2021.

Adapun laporan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2023 menunjukkan performa yang relatif stabil dibandingkan 2022, perusahaan mencatatkan volume produksi 1,5 juta unit ban mobil penumpang dan 0,7 juta unit untuk ban sepeda motor. Kemudian, penjualan bersih didapatkan sebanyak 102 juta unit untuk ban mobil penumpang dan 8 juta unit untuk ban sepeda motor.

Baca juga  PT SIDOMULYO SELARAS TBK GELAR PAPARAN PUBLIK PERIODE TAHUN 2023

Catatan positif juga ditorehkan pada distribusi penjualan bersih, dengan kenaikan penjualan di pasar ekspor, tepatnya ke Amerika Utara yang mencapai 80 persen, naik 5 persen dibandingkan dengan kuartal pertama di tahun 2022. Kemudian, ke Asia mencapai 6 persen, naik dari sebelumnya 4 persen. Pertumbuhan potensi juga muncul di pasar Australia sebanyak satu persen.

Tentang PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk (MASA)

PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk (MASA) adalah produsen ban terkemuka di Indonesia yang didirikan pada 1988 dan memproduksi ban mobil penumpang dan ban roda dua. Perusaaan mengoperasikan sebuah fasilitas produksi yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Sejak 2019, MASA menjadi bagian dari Grup Michelin setelah Compagnie Générale des Établissement Michelin (Michelin) mengakuisisi 99,6 persen saham perusahaan. Saat ini, MASA memproduksi ban mobil penumpang dan ban roda dua dengan merek BFGoodrich, Uniroyal, Corsa, dan Michelin. Kunjungi www.multistrada.co.id untuk informasi lebih lanjut.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here