Jenama Lab, Sebuah Platform Pelatihan Siap Untuk Kembangkan UMKM Indonesia

0
176

Jenama Lab, Sebuah Platform Pelatihan Siap Untuk Kembangkan UMKM Indonesia

 

Jakarta, 7 Juni 2023-Jenama Lab, sebuah platform untuk mengembangkan UMKM yang diciptakan oleh Mbloc Academy dan didukung oleh Kadin Indonesia, GreatNusa, BINUS Business School, dan SIRCLO resmi diluncurkan hari ini.

Kurangnya pemahaman para wirausaha terhadap jenama, pengembangan jenama (brand development) dan pemasaran menjadi salah satu tantangan terbesar untuk UMKM. Jenama sering dinilai hanya sebuah visualisasi produk yang baik. Namun realitanya, banyak faktor yang bisa menentukan baiknya sebuah jenama sehingga pengembangan UMKM menjadi lebih positif.

Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kadin Indonesia, Triawan Munaf mengatakan bahwa jenama merupakan salah satu kunci penting dalam pengembangan UMKM.

“Keberadaan Jenama Lab ini akan membantu UMKM juga para pelajar dan institusi pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan dalam memasarkan produknya dan juga berinovasi dalam mengembangkan sebuah produk,” ucap Triawan.

Triawan juga menegaskan bahwa Kadin Indonesia sangat mendukung perkembangan Jenama Lab, terutama mengingat pentingnya branding dan pengembangan produk terhadap profitabilitas UMKM jangka menengah dan panjang.

“Kadin Indonesia akan menyediakan network untuk pelaksanaan pendidikan berbasis ekonomi kreatif dalam program jenama Lab. Tak hanya itu, kami juga berkomitmen untuk menyediakan akses untuk mengembangkan skill/keterampilan dengan bidang terkait dan akses kepada perusahaan-perusahaan besar negeri maupun swasta, hingga mendorong UMKM untuk menggunakan platform Jenama Lab,” tegas Triawan.

Handoko Hendroyono, Direktur Utama MBloc Group menyampaikan bahwa dalam pengembangan Jenama Lab, Mbloc Academy berperan sebagai pusat pengembangan studi jenama yang menyediakan ilmu, keterampilan, juga studi kasus nyata terkait jenama. Penerapan dari materi-materi dalam program akan dipandu dan didampingi oleh mentor yang merupakan praktisi.

Baca juga  Minggu Kasih di Rumah Panti Jompo, Kapolres Metro Jakut Serahkan Kursi Roda

“Program ini didukung oleh berbagai pihak, dari pemerintah, industry leaders, akademisi, hingga komunitas wirausaha se-Indonesia dengan materi-materi yang dibawakan berupa sharing session oleh ahli praktisi dan alumni Mbloc Academy, lab praktikum jenama, blended learning, dan studi kasus untuk membantu pengembangan jenama UMKM,” ucap Handoko.

Memperkuat pernyataan Handoko, Dezie Leonarda Warganegara, Executive Dean BINUS Business School, menunjukan bentuk dukungan BINUS Business School kepada Jenama Lab dalam bentuk penyelenggaraan program pembelajaran non-formal berbasis studi kasus yang memiliki kredit akademik sehingga dapat ditukarkan oleh pelaku UMKM apabila mereka ingin melanjutkan pendidikan tinggi lewat “credit earning program” serta Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Selain itu, BINUS Business School juga membantu merancangkan silabus, membuat studi kasus, serta mendampingi UMKM dalam mengembangkan jenamanya. Ratusan dosen dan mahasiswa serta ribuan alumni telah menyampaikan kesediaan untuk membantu mempercepat pembelajaran pengembangan jenama. Tidak hanya itu saja, BINUS Business School juga memberikan dukungan dalam bentuk publikasi penelitian terkait jenama UMKM serta distribusi studi kasus lewat Case Center BBS yang sudah berdiri sejak 2009 ke seluruh Indonesia.

Firdaus Alamsjah, Deputy CEO GreatNusa mengatakan bahwa GreatNusa juga turut mendukung inisiatif ini melalui penyediaan solusi pragmatis dalam bentuk platform pembelajaran berkolaborasi dengan BINUS Business School yang dapat diakses oleh seluruh penyelenggara UMKM. GreatNusa didukung oleh BINUS Business School juga merancang materi pembelajaran blended learning secara daring dan tatap muka.

“Program ini memiliki ekosistem yang terintegrasi. Kurikulum, studi kasus dan pendampingan mentor praktisi dikembangkan bersama dengan BINUS Business School untuk para tenants dan komunitas UMKM. Sebagai portal pembelajaran online untuk mencetak pemimpin dan pribadi HEBAT, GreatNusa membantu penyiapan pelaku UMKM sebagai pribadi HEBAT yang mau terus belajar dan berkembang, guna memberi kontribusi positif bagi dirinya, usahanya, dan masyarakat melalui pembangunan Jenama yang unggul,” ucap Nita Felia Pambudi, COO GreatNusa

Baca juga  LBH YLBHI: Hentikan Operasi Militer Ilegal dan Praktek Penyiksaan Warga Papua, Tangkap dan Adili Pelaku!

Menyambut kemitraan strategis ini, Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions, SIRCLO mengatakan, “Setelah hampir 10 tahun menyokong akselerasi digitalisasi UMKM, kami memahami pentingnya peranan jenama dalam memperkuat identitas bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Lewat SIRCLO Store dan layanan teknologi terpadu yang diberikan pelaku UMKM dapat berjualan melalui kanal penjualan website, marketplace dan chat commerce. Hal ini semakin memberikan nilai tambah dan menjadikan pendampingan yang diberikan Jenama Lab bersifat holistik sehingga strategi pengembanga jenama menjadi semakin efektif dan efisien.”

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi dari tantangan bagi UMKM khususnya terkait pengembangan jenama, pemasaran, serta kepemimpinan pelaku UMKM. Selanjutnya, kerjasama ini juga diharapkan dapat mewujudkan ekosistem pelatihan jenama dan pengembangan kompetensi bisnis yang memiliki sistem pembelajaran terstruktur untuk masa depan UMKM Indonesia yang lebih berkompetensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here