KALBE GELAR KALVENTIS VACCINE SUMMIT

0
324

 

 

KALBE GELAR KALVENTIS VACCINE SUMMIT

 

Jakarta, 8 Mei 2023 –

 

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berkomitmen meningkatkan kesehatan untuk hidup lebih baik dengan beragam inovasi dalam layanan dan produk untuk kesehatan masyarakat. Kalbe pun melengkapinya dengan anak usaha baru PT Kalventis Sinergi Farma (Kalventis), nama baru dari PT Aventis Pharma atau Sanofi Indonesia setelah bergabung dengan Kalbe Group. Salah satu produk inovasi terbarunya adalah vaksin.

“Kalbe berkomitmen untuk terus menyehatkan bangsa. Dengan tagline Bersama Sehatkan Bangsa, tentu saja Kalventis akan memberikan kontribusinya melalui layanan dan produk yang inovatif bagi masyarakat. Di antaranya, akses obat-obatan diabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah, onkologi, serta vaksin untuk anak hingga dewasa,” ujar Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius.

Kini dalam memperingati World Immunization Week (WIW), Kalbe mengadakan Kalventis Vaccine Summit (KVS), holistic event yang dilakukan selama satu bulan. KVS bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi serta mendorong peningkatan cakupan imunisasi, setelah sempat menurun di masa pandemi Covid-19.

“Melalui Kalventis Vaccine Summit, Kalbe ingin mendorong masyarakat untuk peduli terhadap vaksinasi agar memiliki kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kalbe akan terus bekerja sama dengan pemerintah, asosiasi medis, tenaga kesehatan profesional, serta lembaga terkait lainnya dalam meningkatkan cakupan vaksinasi pada populasi anak-anak maupun dewasa,” jelas Vidjongtius.

“Rangkaian acara KVS akan melibatkan dunia kesehatan secara umum, di antaranya Health Care Professionals (Pediatrician, Internal Medicine, dan General Practitioner), Pakar imunisasi, fasilitas kesehatan (rumah sakit, klinik), kelompok awam, komunitas dan pelaku perjalanan (wisatawan, jemaah haji/umroh, perjalanan dinas). Kegiatannya mencakup acara ilmiah, media brief, talkshow di radio dan televisi, pemberian vaksin flu kepada tenaga kesehatan, social media engagement melalui platform Kenapa Harus Vaksin (KHV) milik Kalventis, community engagement, juga campaign di sejumlah fasilitas kesehatan,” tambah Presiden Direktur PT Kalventis Sinergi Farma, Ridwan Ong.

Baca juga  Spektakuler! Ini Daftar Lengkap Artis yang Meramaikan HSS Series 5 Jakarta di GBK

Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI (Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), Dr. dr. Sukamto Koesnoe, SpPD-KAI, FINASIM menyambut baik kegiatan KVS. Sebab, peningkatkan pemahaman masyarakat mengenai manfaat vaksinasi memegang peranan penting dalam meningkatkan cakupan vaksinasi dan tercapainya tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Ia menekankan bahwa vaksinasi pada dewasa bermanfaat dalam mencegah infeksi dan keparahan akibat penyakit menular, hingga dapat menurunkan angka rawat inap maupun kematian. Sedangkan hal-hal yang menjadi pertimbangan orang dewasa direkomendasikan pemberian vaksin, di antaranya usia, komorbid, pekerjaan atau gaya hidup, aktivitas travelling, dan riwayat vaksinasi sebelumnya.

“Selain Covid-19, beberapa vaksin yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah vaksin influenza kuadrivalen, Pneumokokus, Meningitis, HPV (Human Papillomavirus) untuk perempuan maupun laki-laki, Japanese Encephalitis, yellow fever, typhoid, cholera, dengue, hepatitis A, hepatitis B, MMR (measles, mumps, rubella), Td/Tdap (tetanus, difteri, pertusis), varicella (cacar air), zoster, hingga Rabies bagi yang terkena gigitan hewan penular rabies. Kami mengimbau masyarakat agar dengan kesadaran penuh melakukan vaksinasi baik secara individu maupun kolektif untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit bagi komunitasnya,” papar Dr. Sukamto.

Vaksinasi juga penting untuk anak. Sebab, kata Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K), imunisasi merupakan upaya pencegahan efektif untuk penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Beberapa di antaranya, difteri, tetanus, pertusis, polio, campak, dan rubella.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah, apalagi memperhatikan pada akhir tahun 2022 sejumlah daerah telah menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa) untuk penyakit difteri, campak, rubella, dan polio. Padahal, rendahnya cakupan imunisasi dan adanya KLB mengancam kesehatan anak-anak terutama yang belum diimunisasi.

Baca juga  Forum Penyelamat Demokrasi dan Reformasi (F-PDR) Meyakini Hakim MK Gunakan Hati Nurani dan Akal Sehat

“Pastikan setiap anak mendapatkan imunisasi rutin lengkap yang meliputi imunisasi dasar (sampai usia 1 tahun), imunisasi lanjutan (usia baduta) dan imunisasi usia sekolah dalam program BIAS sampai SD kelas 6, agar semua anak terlindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Hal ini sesuai dengan jadwal imunisasi Kementrian Kesehatan dan Rekomendasi IDAI,” jelas Prof. Hartono, SpA(K).

Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas, multivitamin dan minuman supplemen siap saji, divisi nutrisi; dan divisi distribusi & logistik.

Kalbe juga telah mengembangkan ekosistem layanan digital bagi masyarakat yang bersifat B2B yakni EMOS dan layanan B2C yakni KlikDokter. EMOS adalah sistem aplikasi order management yang memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain, sedangkan KlikDokter adalah platform digital untuk layanan kesehatan khususnya telemedicine yang menyediakan konsultasi kesehatan dan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

Sekilas tentang Kalventis

Sebagai mitra kesehatan yang terpercaya dan berdiri sejak tahun 1950, PT Kalventis Sinergi Farma (“Kalventis”) berkomitmen menjaga keberlanjutan akses terhadap obat-obatan diabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah, serta onkologi dan vaksin yang berkualitas. Didukung keandalan karyawan dan fasilitas manufaktur bersertifikat GMP (Good Manufacturing Practice) serta bersertifikat halal, Kalventis siap berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia agar semua orang dapat menjalani hidup yang optimal.

Baca juga  Kemenpan RB Pastikan ASN IKN Perkuat Tata Kelola Birokrasi

PT Kalventis Sinergi Farma adalah bagian dari PT Kalbe Farma Tbk. Sebelumnya, Kalventis bernama PT Aventis Pharma (“Sanofi Indonesia”).

Informasi selengkapnya, silakan kunjungi https://www.kalventis.co.id/

–oOo—

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here