Ruang Partisipasi untuk Gerakan Antikorupsi dalam Uncorrupt-Fest

0
249

Ruang Partisipasi untuk Gerakan Antikorupsi dalam Uncorrupt-Fest

Jakarta, 8 Desember 2022 –

Indonesia Corruption Watch (ICW) yang didukung oleh program Integritas dari United States Agency for International Development (USAID), akan menyelenggarakan peringatan hari antikorupsi sedunia (Hakordia) pada tanggal 9 hingga 11 Desember 2022. Acara yang bertajuk “Uncorrupt-Fest: Suara Rakyat Melawan Korupsi” ini akan diadakan di Kala di Kalijaga, Kebayoran Baru, dan terbuka untuk umum.

Melalui kegiatan ini, ICW ingin merefleksikan kondisi pemberantasan korupsi, mengedukasi, dan mengajak publik untuk turut berpartisipasi dalam gerakan antikorupsi. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengapresiasi kerja-kerja yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat sipil dalam agenda pemberantasan korupsi.
Uncorrupt-Fest terdiri dari sejumlah rangkaian acara.

Pertama, pameran Art Collaboration yang akan dilangsungkan selama tiga hari. Pameran ini merupakan hasil kolaborasi antara ICW dengan tiga seniman komik, yakni Adelia Maghfira, Bivisyani Questibrilia, dan Nadiyah Suyatna. Ketiga seniman tersebut akan menampilkan karya mereka dalam bentuk komik strip dengan tema seputar konflik kepentingan dalam kegiatan pengerukan pasir, konflik lahan adat, dan korupsi dalam pelayanan publik.

Kedua, Uncorrupt-Talk yang merupakan talkshow interaktif dengan narasumber dari berbagai latar belakang. Talkshow ini akan membahas beberapa tema, yaitu, Seni untuk Bersuara Lebih Lantang, Kebijakan Bersih untik Energi Bersih, Pengawasan Lahan Basah Korupsi melalui Opentender, dan Menguji Efektifitas Pendidikan Antikorupsi di Indonesia.

Ketiga, pameran atas hasil kerja ICW sepanjang tahun 2022. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dan dikemas dalam bentuk, seperti foto, video, infografis, instalasi seni, dan booth interaktif. Semuanya terbagi ke beberapa ruang yang memungkinkan setiap pengunjung untuk berinteraksi dengan barang-barang etalase. Selain itu, kegiatan ini akan diramaikan dengan adanya hiburan berupa stand up comedy, dan konser musik bersama Ten2Five serta Oscar Lolang.

Baca juga  Nasional Corruption Watch (NCW): Korupsi dan Suap Merajalela Pasca Pemilu 2024, Mafia Hukum Adu Domba APH

Penyelenggaraan Uncorrupt Fest pada Hari Antikorupsi 2022 diharapkan dapat mendekatkan banyak kalangan dengan isu antikorupsi. Sekaligus memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, secara kolaboratif dan melalui berbagai cara.

***

USAID INTEGRITAS dilaksanakan oleh KEMITRAAN, bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), Transparency International-Indonesia, dan Basel Institute on Governance, serta bermitra dengan CSO Indonesia dan lembaga pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here