5 Tips Memilih Oli Pelumas Motor Matik

0
354

 

 

5 Tips Memilih Oli Pelumas Motor Matik

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Oli merupakan bagian penting untuk kesehatan motor matikmu. Oli bekerja sebagai pelumas, yakni sangat berpengaruh terhadap suara motor, gerakan motor, dan menjadi pembersih di bagian mesin motor yang selalu menyala, bermesin panas, bergerak, dan pastinya buat performa motormu.
Nah, berikut kita bahas bagaimana memilih oli motor matik yang pas dan bagus buat mesin motor matikmu. Serta kita review oli Shell Matic dan bagaimana keistimewaannya. Tidak lupa untuk mendapatkan produk oli untuk motor matik yang berkelas original dan premium, bisa berbelanja di market place Blibli.com.

5 Tips Memilih Oli Berkualitas Bagus Buat Motor Matik

1. Pilih oli motor matik yang mampu mengendalikan gerakan mesin motor. Apalagi motor matik memiliki kinerja mesin yang terus berputar dan bertekanan tinggi, jadi kegunaan oli sangat penting agar mesin tidak gampang aus. Oli sebagai pelumas yang berkualitas bagus akan memengaruhi umur atau usia mesin motor;

2. Pilih oli yang mempunyai keunggulan mampu membersihkan komponen dalam mesin. Mengingat mesin motor matik yang terus berputar, sering terjadi gesekan antar mesin itu bisa menghasilkan partikel dan kotoran-kotoran menggumpal, terutama pada bagian piston. Jika dibiarkan maka akan menutup mesin dan mengganggu kerja mesin motor matik tersebut. Jadi ada baiknya memilih oli yang dengan mudah membersihkan elemen mesin.

3. Pilih oli yang mampu berefek pada efisiensi pemakaian bahan bakar motor matik. Ini penting agar biaya kebutuhan membeli bensin motor lebih hemat dan irit karena keberadaan oli mesin motornya yang berkualitas prima;.

4. Pilih oli motor matik yang kekentalannya sangat pas buat motor matik. Ada baiknya memilih kekentalan oli berstandar dari Standard American Petroleum Institute, atau API SL dan JASO yang sangat peduli dan fokus pada keberadaan motor matik.

Baca juga  Kunjungan silahturahmi Grand Syekh Al Azhar Mesir, Ahmed Al Tayeb ke PP. Muhammadiyah Pusat.

Kemudian pilihlah oli dengan bahan dasarnya minyak mineral berkualitas premium yang mampu membersihkan dan menghilangkan kerak-kerak dan partikel kotor yang nempel di mesin, Kotoran motor bisa berasal dari gesekan mesin motor, gumpalan lumpur dari jalanan, dan dari bebatuan kerikil jalan raya. Jadi ada baiknya pilih oli yang mampu menjadi pembersih;

5. Ada baiknya memilih oli motor matik dari merek Shell. Dengan memilih oli tersebut, Kamu merupakan orang yang peduli akan perawatan motor matikmu. Semua produk Oli Shell atau pelumas mesin dari Shell Advance sudah memenuhi aturan dari Original Equipment Manufacturer atau OEM.
Jangan Lupa Rutin Mengganti Oli Mesin Motor Matik.

Oya, bagaimanapun jangan lupa mengganti mesin oli secara rutin, berkala dan sesuai jadwalnya. Ini penting, jangan sampai karena kesibukan kerja namun motor terus dipakai, tapi tidak memerhatikan penggantian oli mesin motor matikmu. Ibarat kita sering menggoreng ikan dengan minyak goreng yang sama berkali-kali, maka kondisi minyak goreng pun berubah warna. Dengan kondisi yang berubah itu, minyak goreng yang berwarna gelap tersebut harus dibuang karena tidak bagus buat kesehatan tubuhmu.

Lalu, bagaimana kondisi oli mesin motor matik yang wajib Kamu ganti baru? Tentunya warnanya juga sudah tidak jernih lagi dan tidak kental normal. Oli tampak jenuh dan berubah warna. Mengingat olinya sudah banyak endapan dan partikel kotoran-kotoran serta kerak motor. Lain itu, pasti Kamu sebagai pengendara motor akan terasa saat melakukan tarikan atau menaikkan gas yang harus lebih kuat dari biasanya. Bahkan saat melewati tanjakan, daya motor jadi tidak seprima biasanya. Ini karena mesin motor yang bergerak lambat dan kurang bertenaga lagi. Jika dipaksakan, motor matikmu bisa turun mesin.

Baca juga  SKINTIFIC Meluncurkan Produk Perfect Stay Velvet Matte Cushion dengan Inovasi Teknologi Terbaru yang Minim Oksidasi

Hal lain yang bisa terjadi jika oli tidak diganti secara rutin adalah mesin motor jadi mudah kepanasan atau overheating. Munculnya mesin motor panas berlebihan karena fungsi oli lama sebagai pelumas pendingin tidak bekerja efektif lagi. Akibatnya mesin motor terus bergerak tanpa ada pendingin, dan kondisi piston mengalami ceket, atau tersangkut di blok mesin silinder.

Lalu, jika Kamu mengabaikan penggantian oli, maka jangan salahkan kalau Kamu jadi seriing mengisi bensin dan tidak hemat lagi. Pasti Kamu rasakan sendiri’deh, tarikan motor sudah tidak sekencang biasanya, dan seperti sedang mendorong motor dengan kondisi ban kempes.

Jadi, tetap rajin memantau dan merawat motor matik sebagai alat transportasi utama segala aktifitasmu, yakni dengan rutin mengganti oli mesin motor matikmu.

Untuk mendapatkan aneka produk dan varian Oli Shell Matic, bisa Kamu dapatkan dengan mudah di Blibli.com. Ada berbagai pilihan produk varian dari Shell untuk motor matikmu, seperti: Oli Shell Motor Matik, Shell Advance Ultra Scooter 5W-40, Shell Advance AX7 Scooter 10W-40, Shell Advance AX7 Scooter 10W-30, Shell Advance AX5 Scooter 10W-30, Shell Advance AX5 Scooter 20W-40, Shell Advance Gear Oil 15W-40, dan varian lainnya.

Jadi jika Kamu mau beli Oli Shell Matic, segera klik www.blibli.com atau segera unduh aplikasi Blibli.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here