Dukung Kelestarian Lingkungan Demi Masa Depan, HerStory Gelar Corporate Green Commitment Award 2022, Ini Daftar Pemenangnya!

0
227

 

 

Dukung Kelestarian Lingkungan Demi Masa Depan, HerStory Gelar Corporate Green Commitment Award 2022, Ini Daftar Pemenangnya!

 

Jakarta, Suarakristen.com

Perkembangan peradaban saat ini sedang dibayangi ancaman kerusakan alam tertinggi dalam sejarah manusia. Sekretaris Jenderal PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), António Guterres, menyampaikan dunia sedang berada pada ‘fast track’ menuju bencana iklim. Bencana iklim ini salah satunya ditandai dengan pemanasan global lebih dari dua kali lipat batas 1,5ºC yang disepakati di Perjanjian Paris.

Hal yang sama diungkap oleh NASA, di mana dalam catatannya tentang kenaikan suhu, menunjukkan tahun 2019-2020 merupakan tahun terpanas. Potensi bencana iklim dapat kita lihat pula pada massa lapisan es Greenland dan Antartika yang terus berkurang.

Indonesia sendiri baru-baru ini menerima rapor merah sebagai negara dengan daerah yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia. Rapor dari situs AQ Index itu menunjukkan kualitas udara yang buruk, utamanya tercatat di ibukota negeri, DKI Jakarta.

Data-data di atas menunjukkan perubahan negatif lingkungan yang signifikan. Proses industrialisasi yang terus berlangsung sejak pertengahan abad 18 hingga kini, mulai menunjukkan efek sampingnya terhadap lingkungan. Peradaban manusia yang terus maju dengan penguasaan teknologi jadi ancaman sendiri bagi lingkungan. Oleh karenanya, upaya pengembangan ekonomi dan teknologi harus dibarengi dengan pelestarian dan pemulihan alam.

Di sisi lain, kelestarian lingkungan secara spesifik memiliki dampak terhadap perempuan. Pasalnya, perempuan lebih rentan menjadi korban atas kehilangan sumber daya. Kondisi ini memisahkan perempuan dengan situs ekonomi, merendahkan daya tawar dalam masyarakat, sehingga menimbulkan kontraproduktif dengan isu pemberdayaan perempuan.

Upaya pelestarian lingkungan yang berkesinambungan mulai digaungkan oleh salah satunya sektor swasta. Sebagai media yang fokus pada isu wanita, HerStory berupaya untuk turut berkontribusi melestarikan lingkungan. Dengan memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen hijau terhadap lingkungan lewat E-Awarding bertajuk Corporate Green Commitment Awards 2022: Ideal Environment, Equal Civilization.

“Berdasarkan data, iklim Bumi terus berubah secara signifikan. Periode Global Warming saat ini terjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Artinya, kehidupan modern manusia yang banyak melepaskan gas rumah kaca menjadi penyebab sebagian besar Global Warming. Gas rumah kaca dihasilkan melalui pembakaran bahan bakar fosil, pertanian, dan penggunaan lahan serta kegiatan lainnya yang mendorong perubahan iklim,” ujar Clara Aprilia Sukandar selaku Pemimpin Redaksi HerStory.co.id dalam acara E-Awarding, Jumat (29/7/2022).

Berdasarkan data, dari komposisi gas rumah kaca yang paling banyak menyumbang sepanjang 10 tahun antara tahun 1990 sampai 2019 adalah karbondioksida dari bahan bakar fosil dan industri.

Penyedia energi di Indonesia masih di dominasi oleh fosil, yaitu minyak, gas dan batu bara. Salah satu dampak dari penggunaan ini adalah pemanasan global. Hal ini makin diperparah dengan adanya pandemi covid dan perang antara Rusia Ukraina berdampak terhadap sektor energi terkait harga bahan bakar fosil.

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

Berdasarkan data emisi gas rumah kaca secara global, tahun 2016 sektor yang paling banyak menghasilkan gas rumah kaca adalah sektor energi baik dari industri, bahan bakar transportasi, penerbangan, dan sebagainya.

Perubahan cuaca dari tahun ke tahun sangat ekstrem, tahun 2021 dinobatkan sebagai tahun paling panas ke 6 di dunia dalam catatan. Perubahan iklim juga berdampak pada sosial ekonomi, mulai dari hilangnya kapasitas bekerja, kekurangan pasokan air bersih di beberapa daerah, serta menurunnya produktivitas panen sehingga harga bahan pokok ikut naik. Fenomena ini bisa menyebabkan kemiskinan secara meluas.

Perubahan iklim yang terjadi akibat campur tangan manusia. Namun, manusia juga yang bisa memperbaiki dan kembali melestarikan kondisi lingkungan. Oleh karena itu, upaya pengembangan ekonomi dan juga teknologi harus dibarengi dengan pelestarian dan juga pemulihan alam.

“Upaya membangun energi berkelanjutan dengan tiga dimensi, pertama dengan Energy Security, yaitu memastikan pasokan energi dengan memanfaatkan sumber energi setempat sehingga ketahanan dan majuan energi bisa terwujud. Dimensi kedua, dengan Energy Equity memastikan masyarakat dapat mengakses energi secara mudah dengan harga terjangkau,” tutur Andriah Feby Misna, selaku Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM RI.

“Ketiga dimensi Environmental Sustainability untuk memastikan penyediaan energi yang ramah lingkungan juga berkelanjutan dengan mendorong pembangunan infrastruktur energi terbarukan dan sumber energi rendah karbon lainnya seta meningkatkan upaya efisiensi energi baik supply maupun demand,” imbuhnya.

Atas dasar kepentingan itu, Herstory memberikan dukungan terhadap perusahaan yang terus menggalakan kelestarian lingkungan. Melalui pemberian apresiasi dalam Corporate Green Commitment Awards 2022, untuk setiap kandidat yaitu: Perusahaan Peduli Lingkungan, Program Hijau, Green Campaign, Penggerak Ekonomi Lokal.

 

Berikut ini daftar pemenang Corporate Green Commitment Awards 2022: Ideal Environment, Equal Civilization.

1.    PT. Astra Agro Lestari Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
2.    PT. Sinar Mas Agro Resources & Technology (SMART) Tbk., Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
3.    PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
4.    PT. Paragon Technology and Innovation., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
5.    PT. Martina Berto Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
6.    PT. Monica HijauLestari (The Body Shop Indonesia)., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
7.    PT. SiCepat Ekspres Indonesia., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
8.    PT. Tani Hub Indonesia, Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
9.    PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox), Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
10.    PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
11.    PT. PLN (PERSERO), Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
12.    PT. Bank Central Asia Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
13.    PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
14.    PT. Bank Mandiri (Pesero) Tbk., Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
15.    PT. Bank DKI, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns.

 

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

16.    PT. Bussan Auto Finance (BAF), Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
17.    PT. Bank DBS Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
18.    PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
19.    PT. BRI Multifinance Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
20.    PT. Asuransi Allianz Life Indonesia, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
21.    PT. Prudential Life Assurance, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
22.    PT. Great Eastern Life Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
23.    PT. Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
24.    PT. Astra International Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
25.    PT. Unilever Indonesia Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
26.    PT. Mandom Indonesia Tbk (TCID), Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
27.    PT. Santosa Agrindo (Santori), anak perusahaan PT. JAPFA TBK, Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
28.    PT. Frisian Flag, Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
29.    PT. Kao Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
30.    PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
31.    PT. Tirta Investama, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
32.    PT. Kawan Lama Sejahtera (Chatime), Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
33.    PT. Sinar Sosro, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
34.    PT. Sari Coffee Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
35.    PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
36.    PT. Panasonic Gobel Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
37.    PT. Petrokimia Gresik, Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
38.    PT. Pupuk Kalimantan Timur, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
39.    PT. Hijau Adil Bahagia (Burgreens), Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
40.    PT. Bio Farma, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
41.    PT. Kalbe Farma Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
42.    PT. KIA Mobil Indonesia, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
43.    PT. Toyota-Astra Motor, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
44.    PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
45.    PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
46.    PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
47.    PT. Djarum, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
48.    PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
49.    PT. Aneka Tambang Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
50.    PT. Adaro United, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
51.    PT. Bukit Asam Tbk., Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
52.    PT. Pertamina (Persero), Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
53.    PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
54.    PT. Perusahaan Gas Negara Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
55.    Perum Damri, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
56.    PT. MRT Jakarta, Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
57.    PT. Synthesis Karya Pratama (Synthesis Development), Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
58.    PT. Alam Sutera Realty Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
59.    Nike (PT. Mitra Adi Perkasa – Distributor), Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
60.    PT. ASDP Indonesia Ferry, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
61.    PT. PELNI (Persero), Green Committed Corporates with Community Environmental Economics  Empowerment
62.    PT. XL Axiata Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
63.    PT. Telekomunikasi Seluler, Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Campaigns
64.    PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs
65.    PT. Timah Tbk., Green Committed Company with High Environmental Sustainability Awareness
66.    PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk., Green Committed Corporates with Outstanding Environmental Programs.

(Hotben)

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here