E-COMMERCE SOLUSI TEPAT DALAM PEMULIHAN EKONOMI

0
38

E-COMMERCE SOLUSI TEPAT DALAM PEMULIHAN EKONOMI

Oleh : Mahasiswa Magister Ilmu Hukum FH UTA 45 Jakarta, Liana Tanudjaja Tarsis

Masa Pandemi belum usai dan timbul lagi wabah baru yaitu hepatitis akut, hal ini berdampak pada segala aspek kesehatan, sosial serta ekonomi. Saat ini Pemerintah terus meminimalisir penyebaran covid dan hepatitis berbagai cara mulai dari vaksin , mengedukasi untuk memakai masker dan Sosial Distancing dan mengurangi makan yang tidak hegienis sehingga membatasi ruang gerak masyarakat.

Sosial Distancing mempunyai dampak negatif dimana perekonomian lemah, hal ini membuat para pembisnis menjual barang dagangannya secara online , mulai dari bahan pokok , produk kesehatan dan produk sehari hari.

Dengan adanya bisnis online maka ada perubahan tingkah laku konsumen dalam berbelanja yang dari offline menjadi online. Banyak disini permasalahan Ecommerce dimana konsumen tidak mengerti memilih pada pedagang dengan baik sehingga banyak terjadi miss komunikasi sehingga semua bisa berujung hukum.

Perkembangan e-commerce di dunia tidak bisa lepas dari Tim Barness Lee , Barness Lee adalah seorang yang menemukan web browser yang bisa mengakses server word wide web. Tahun 1994 sebuah perusahaan Jerman menluncurkan situs online pertama di dunia yang bernama Intershop, kemudian di susul oleh amazon.com dan selanjutnya ebay.com.

Perusahaan Raksasa Google memulai debutnya pada tahun 1998, yang di susul dengan kompetitornya Yahoo yang juga meluncurkan Yahoo stores pada tahun yang sama. Perkembangan E-commerce berjalan sanagat pesat dilihat dari survey yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap kepuasan pelanggan terhadap transaksi di dunia e-commerce yaitu naik menjdai USD 142.5 atau sekitar 8% dari transaksi ritel di seluruh Amerika Serikat.

Untuk proses membeli dalam Ecommerce di perlukan beberapa proses, dimana proses ini bisa membuat kita sebagai pembeli puas dan tidak merasa rugi , yaitu:

Baca juga  Festival VR Ibu Anak Pertama di Indonesia, Sensasi Berbeda Berbelanja Virtual di The Dreamland

1. Proses memilih barang , di sini kita sebagai pembeli harus jeli dan teliti terhadap barang yang kita butuhkan dengan melihat gambar serta deskripsi. Hal ini di perlukan melihat gambar apakah gambar yang di tayangan sesuai foto asli , dan deskripsi harus dibaca dengan baik , dipahami dengan baik.

2. Proses membeli barang, setelah kita yakin dengan gambar serta deskripsi nya cocok , maka bisa chat dengan penjual , apakah barang ini ready , apakah ada garansi , dan cara menggunakan. (cari penjual yang komunikatif dimana penjual disini memiliki riwayat penjualan dan rating yang baik sehingga bisa di percaya).

3. Proses pembayaran, proses ini banyak pilihan bisa menggunakan transfer bank, indomaret, alfamaret sampai COD , pembeli bebas menentukan mana yang tepat sesuai dengan kondisi nya.

4. Proses pengiriman , Pengiriman barang di Ecommerce yang menentukan adalah pembeli , sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya sehingga bisa memilih waktu dan layanan estimasi waktu yang di kehendaki (apakah itu yes, reguler, kargo).

5. Proses penerimaan barang, harapan pembeli barang sampai dengan tepat waktu dan dalam keadaan baik, namun perlu di cek serta di unboxing jika terjadi ada kerusakan , entah itu kerusakan dari pengiriman atau dari penjual , maka untuk menghindari perlu pengecekan saat barang di terima dan perlunya bukti unboxing.

6. Menulis Ulasan, bagian ini sangat penting bagi penjual dan pembeli , Ulasan disini diperlukan kejujuran , dimana tingkat kepuasan pembeli sangat diperlukan untuk si penjual dalam menjual produk agar bisnisnya lebih terpercaya. Ulasan di sini juga memliki kode etik ( kejujuran kesesuain) jangan sekedar kemau sendiri dan perlunya pemahaman bahasa yang santun , karena terkadang kata kata dan tulisan tidak sesuai dengan fakta,kalimat tidak sopan dan santun bisa mengakibatkan berujung hukum , yang melanggar Undang Undang Perlidungan Konsumen serta Undang Undang ITE dalam pencemaran nama baik. Yang mungkin bagian ini sepele tetapi harus di perhatikan dengan baik dan benar.

Baca juga  Kekristenan Protestan Merupakan Bidan, Bunda dan Spirit Sains Modern!

Di dalam opini ini , e-commerce saat ini solusi yang tepat dalam pemulihan kondisi ekonomi saat sekarang ini , karena ini mendukung program Pemerintah dalam meminimalisir wabah penyakit yang terjadi saat ini dan roda perekonomian bisa berjalan dengan baik dan negara menjadi modern internasional sehingga tentunya kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik serta efesiensi waktu yang fleksibel, dan generasi muda menjadi lebih inovatif dan go Internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here