Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Gelar Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2022

0
383

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Gelar Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2022

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2022 dalam rangka Hari Jadi APDESI ke-17 dan dilaksanakan Jakarta, tanggal 16-17 Mei 2022.

Momentum pengawalan hasil SILATNAS Desa 2022.

Rakornas APDESI ini digelar dengan  tema “Desa Bersatu Membangun Indonesia dan Menjadi Tongggak Konsolidasi Tahun 2022-2023”.

 

Sesuai Hasil Rapat Koordinasi Nasional yang dihadiri Pimpinan DPD Propinsi dan DPP Maka disepakati 10 point rekomendasi RAKORNAS MEI 2022 sebagai berikut :

1.Pelaksanaan Silaturahmi Nasional Desa Tahun 2022 pada tanggal 29 Maret 2022 yang dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menjadi momentum penting akan keberpihakan Bapak Presiden kepada pembangunan Desa dimana Bapak presiden menyetujui 6 point penting yang menjadi keluhan Kepala Desa dan Pemerintahan Desa dan RAKORNAS mengamanatkan untuk mengawal keputusan tersebut agar segera terealisasi.

2.APDESI yang terdiri atas kepala desa bersama perangkat dan masyakat desa seluruh Indonesia siap mengawal, membentengi dan siap berhadapan dengan siapapun dan kelompok manapun yang ingin menganggu apalagi berkeinginan menjatuhkan Ir.JokoWidodo sebagai presiden Republik Indonesia.

3.APDESI Meminta kepada Bapak Presiden untuk menaikan gaji dan tunjangan kepala desa yang layak dan proporsional sebagai pejabat pemerintahan terdepan yang melakukan pelayanan serta menjadi pejabat yang diangkat melalui proses politik serta Kepala Desa dan Perangkat Desa mendapatkan THR dan Gaji 13 mulai tahun 2023 yang bersumber dari APBN (Alokasi Dana Desa).

4.APDESI mendesak kepada KPU RI untuk merevisi atau mencabut Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 yang mengharuskan kepala desa mundur dari jabatan bila menjadi calon DPRD, DPD dan Bupati.

Baca juga  Kemenpan RB Pastikan ASN IKN Perkuat Tata Kelola Birokrasi

5.APDESI berkomitmen membangun kerjasama khususnya penegak hukum dalam rangka peningkatan upaya prepentif pelanggaran hukum yang dilakukan kepala desa dan aparat desa dengan melakukan pembinaan, bimbingan menyangkut pelaksanaan program desa serta APDESI bertekad bekerja sama dengan Penegak hukum melawan oknum-oknum nakal yang ingin menjadikan kepala desa sebagai sapi perah.

6.APDESI berkomitmen menjadi bagian penentu “kepemimpinan nasional PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PERIODE 2024-2029” yang dianggap memiliki komitmen kuat dalam pembangunan Desa, serta bersedia membangun KOMITMEN BERSAMA MEMBANGUN INDONESIA DARI DESA”.

7.RAKORNAS memutuskan percepatan konsolidasi dengan memerintahkan DPP melakukan konsolidasi kepada seluruh DPD Propinsi, DPC Kabupaten dan DPK Kecamatan untuk menyelesaikan konsolidasi melalui Musda, Muscab dan Muskec hingga akhir tahun 2022.

8.RAKORNAS merekomendasikan kepada DPP APDESI untuk memberi masukan kepada Pemerintah agar Perusahaan perkebunan yang ingin memperpanjang Ijin perkebunan agar melepaskan lahan 20% kepada masyarakat desa sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 40 tahun 1996 dan meminta kepada pemerintah agar PT. Perhutani dan PTPN memiliki komitmen retribusi lahan kepada warga desa yang tidak memiliki lahan produktif.

9.RAKORNAS merekomendasikan kepada DPP APDESI untuk memberikan masukan kepada Presiden Republik Indonesia untuk mempercepat program pembangunan Infrastruktur desa melalui program kementerian PU yang langsung ke desa di tahun 2023 dan 2024.

10.Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia “khususnya kepemimpinan desa”maka RAKORNAS merekomendasikan kepada DPP APDESI untuk mempercepat realisasi pelaksanaan LEMHANAS KEPEMIMPINAN KEPALA DESA kerjasama LEMHANAS dan Program DIKLAT IDEOLOGI PANCASILA kerjasama BPIP.

Hasil Rakornas ADEPSI 2022, Dalam Rangka Hari Jadi ADEPSI Ke-17 yang menjadi rekomendasi untuk diteruskan dan dilaksanakan, 17 Mei 2023 Hotel Milineum Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here