SURAT TERBUKA UNTUK PARA PEJUANG DEMOKRASI.

0
418

SURAT TERBUKA UNTUK PARA PEJUANG DEMOKRASI.

 

Oleh: Merphin PANJAITAN

 

 

Saudaraku sebangsa dan setanah air. Saya ingin bicara dengan saudaraku, sebagai sesama manusia warga bangsa Indonesia. Tentang demokrasi, yang dijadikan sistem pemerintahan Indonesia. Hari ini 14 April 2022, saya ingin bicara tentang nilai kesetaraan atau kesederajatan manusia. Nilai ini adalah nilai utama demokrasi. Kalau seseorang menyangkal atau menolak kesederajatan manusia, apapun alasannya. Saya pastikan orang itu bukan seorang demokrat. Atau bahkan anti demokrasi, atau seorang anti NKRI. Karena NKRI adalah negara demokrasi. Semua warganegara Indonesia bersamaan kedudukannya dihadapan hukum dan pemerintahan.

Nilai kesederajatan manusia inilah yang membuat banyak orang menyatakan telah terjadi ketidakadilan pengadilan di Indonesia. MKC dan Yahya Waloni sama-sama manusia Indonesia dan kesalahannya juga sama atau hampir sama. Tetapi hukumannya jauh berbeda. Yahya Waloni dihukum 5 bulan, dan MKC dihukum 10 tahun.

Saya dan banyak warganegara lain, yang melihat ketidakadilan itu. Saya hampir sampai pada kesimpulan, bahwa di negara kita ini sedang terjadi diskriminasi berdasarkan agama. Penganut agama yang satu derajatnya lebih tinggi dari penganut yang lain. Oleh karena agama yang dianutnya, martabat MKC lebih rendah dari martabat Yahya Waloni.

Kesimpulan saya, ini perlu sedikit dikoreksi. Sebagai sesama manusia maratabat MKC dan Yahya Waloni dan kita semua sama. Yang berbeda adalah perlakuan pengadilan terhadap mereka berdua. Dan oleh karena itu, kita harus terus berjuang agar pengadilan di Indonesia selalu berlaku adil. Hakim dan Jaksa harus bersikap adil, dan kalau tidak bisa adil sebaiknya berhenti saja. Dari pada kamu hadir di muka bumi ini cuma sekedar mempermalukan dirimu dan keluargamu. Di Republik Indonesia yang kita cintai ini, semua orang harus adil.

Baca juga  Soraya Togas Sekjen Duta Wisata Sulut: Kami Rutin Adakan Promosi Pariwisata Sulut Tingkat International

Perjuangan kita adalah mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Sampai disini dulu saudaraku. Saya Merphin Panjaitan. Penulis buku Logika Demokrasi, Peradaban Gotongroyong dan Revolusi Indonesia Menuntaskan Sejarahnya. Tinggal di Jakarta Selatan. Hp no 0813 1007 6366. Kalau tidak keberatan tolong diteruskan ke rekan-rekan seperjuangan. Besok akan saya lanjutkan. Terima kasih untuk perhatiannya. Selamat Berjuang. Tuhan Memberkati. MERDEKA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here