Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika Gelar Pengabdian Masyarakat Via Webinar: Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Komunitas Wanoja Binangkit Bogor.

0
145
Foto Bersama Pembukaan Pengabdian Masyarakat

 

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika Gelar Pengabdian Masyarakat Via Webinar: Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Komunitas Wanoja Binangkit Bogor.

 

Bogor, Suarakristen.com

 

Perkembangan teknologi informasi menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi dalam menjalankan bisnisnya, terlebih dengan semakin banyaknya kompetitor baik domestik maupun luar negri, membuat para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) harus mampu berinovasi dalam memasarkan produk. Mengingat pentingnya aktivitas pemasaran dalam mendukung kinerja pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), para dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang dengan tema Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Komunitas Wanoja Binangkit Bogor.

Foto Bersama Penyampaian Materi dengan Bapak Sismadi, M.Kom sebagai tutor

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan pada tanggal 13 Maret 2022, melalui aplikasi zoom conference. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana yakni Ibu Indah Purwandani, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh tutor, yakni Bpk Sismadi. Dalam sambutannya Ibu Indah Purwandani mengatakan bahwa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus mampu bersaing baik di pasar domestik maupun di pasar internasional, untuk itu para pelaku UMKM harus melek teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk termasuk dengan memanfaatkan media sosial. Selanjutnya dalam pemaparannya, Tercatat jumlah UMKM di Indonesia cukup banyak, sekitar 50 juta pelaku UMKM, untuk bisa tumbuh dan berkembang maka pelaku UMKM harus memanfaatkan media sosial secara efektif dan efisien. Media sosial saat ini sudah banyak, mulai dari WhatsApp, FaceBook atau Instagram namun mungkin kita belum memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia.

Foto Pemaparan Materi untuk Komunitas Wanoja Binangkit Bogor

 

Kegiatan inti dilakukan dengan sesi pelatihan oleh tutor yakni Bpk Sismadi, dalam pemaparannya beliau mengungkapkan bahwa perkembangan komunikasi digital merubah arah kegiatan pemasaran dari konvensional ke digital. Tidak heran banyak orang menjual produk dengan memposting status di media sosialnya seperti WhatsApp, FaceBook atau Instagram. Sebagai media sosial dengan basis pengguna yang sangat besar, memanfaatkan fanspage atau halaman facebook memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pemasaran selain itu kemudahan menghubungi lewat komentar, messenger atau kontak yang bisa terhubung dengan nomor WhatsApp. Selanjutnya Bpk Sismadi juga memberikan praktek langsung cara memposting dihalaman fanspage, membuat tampilan produk yang futuristik serta tips menarik minat pembeli. Pemasaran dalam media sosial perlu didukung dengan kemudahan dalam mencari produk untuk itu disarankan agar mengikuti grup komunitas.

Baca juga  Refleksi Sosial untuk Polri

Kegiatan pengabdian masyarakat meski dilakukan secara virtual namun tidak menyurutkan antusiasme dari peserta dalam mengikuti pelatihan hingga akhir, banyaknya pertanyaan kritis yang diajukan kepada narasumber tentang strategi pemasaran yang efektif di media sosial. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Pemanfaatan E-Marketing Berbasis Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk Pada Komunitas Wanoja Binangkit Bogor, selain itu menambah jangkauan pasar juga diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat untuk pelaku UMKM dalam memilih dan menggunakan teknologi informasi yang tepat, khususnya media sosial untuk aktivitas pemasaran

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here