Apa yang Sudah Kita Lakukan Untuk Menghargai dan Mengapresiasi Jasa Para Petani?

0
670

Apa yang Sudah Kita Lakukan Untuk Menghargai dan Mengapresiasi Jasa Para Petani?

Jakarta, Suarakristen.com

24 September yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Tani Nasional. Penetapan Hari Tani Nasional dilakukan oleh Presiden Soekarno sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 169 tahun 1963. Mungkin selama ini kita tidak terlalu memikirkan ataupun menghargai jasa para petani yang telah bekerja keras untuk bisa menyediakan makanan yang setiap hari kita nikmati, seperti nasi, sayuran dan buah-buahan. Walaupun Hari Tani Nasional sudah berlalu, tidak ada salahnya kalau kita tetap mengingat dan mengapresiasi jasa para petani Indonesia yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

1. Membeli produk-produk yang dihasilkan para petani Indonesia. Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia. Dengan membeli produk lokal, kita juga mendukung para petani Indonesia.

2. Memberi bantuan kepada para petani. Saat ini, kita dapat menemukan yayasan atau gerakan yang bertujuan untuk membantu para petani, dari segi keuangan, kesehatan dan lainnya. Tanpa harus menjadi anggota, kita bisa membantu para petani dengan menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada para petani melalui yayasan atau gerakan tersebut. Untuk lebih detilnya, bisa dicari secara daring.

Greenfields, ahli produk susu dan produk olahan susu saat ini memili dua peternakan di Jawa Timur, Farm 1 berada di Babadan dan Farm 2 di Wlingi. Kedua peternakan Greenfields ini terletak di sekitar lahan kerja para petani setempat, membuat Greenfields sangat dekat dengan para petani.

Greenfields sangat menghargai kerja keras para petani di sekitar peternakan dan berusaha membantu mereka untuk dapat maju bersama. Peternakan Greenfields menghasilkan Pupuk Organik Cair (POC) dari manure sapi-sapinya dan POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan. Greenfields bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari Greenfields untuk mempupuk rumput odot. Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi. Setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ POC untuk lahan mereka. Greenfields juga membagikan POC perkebunan kopi di sekitar Greenfields Farm 2. Sebanyak 1000m3 POC dari Greenfields dimanfaatkan setiap untuk membantu menyuburkan lahan kopi seluas 500 hektar.

Baca juga  Kemenpan RB Pastikan ASN IKN Perkuat Tata Kelola Birokrasi

Selain berkontribusi untuk para petani, Greenfields juga melakukan berbagai kegiatan CSR di desa-desa sekitar Farm 2: Ngadirenggo, Tegalasri, Balerejo, Tembalang, Plumbangan dan Sumber Urip.

Berikut adalah kegiatan CSR yang telah dijalankan Greenfields selama bulan Agustus:

Program Kesehatan:
*Donasi paket berupa susu telur dan biskuit bagi warga, anak-anak berkebutuhan gizi dan masyarakat yang membutuhkan
*Pembagian sembako di Desa Balerejo dan Sumber Urip, untuk 60 kepala keluarga di masing-masing desa.

2. Program Infrastruktur:
Program air bersih dengan 274 paralon di desa Tegalasri.

3. Program Kemasyarakatan:
Partisipasi Greenfields pada kegiatan 17 Agustus di setiap desa, berupa:

*Sumbangan hadiah lomba voli dan sumbangan susu untuk kegiatan kerja bakti dan kegiatan yang diinisiasi Desa Ngadirenggo
*Sumbangan cat jalan dan susu untuk Desa Tegalasri; sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Balerejo untuk pembelian sembako yang dibagikan kepada warga isoman
*Sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Tembalang untuk pembelian paket hadiah lomba yang di distribusikan ke 4 RW
*Sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Plumbangan untuk pembelian sembako kepada masyarakat pasca isoman
*Sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Sumber Urip untuk hadiah lomba 17 Agustus.
*Perbaikan fasilitas olahraga di Desa Tembalang

4. Program Pendidikan:
Pendidikan nutrisi bagi siswa di setiap desa berupa sumbangan susu untuk Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak, PAUD dan posyandu.

5. Program Keagamaan:
Bantuan susu untuk kegiatan dzikir setiap minggu di Desa Tegalasri.

Greenfields akan melanjutkan kegiatan-kegiatan CSR agar bisa terus membantu petani dan masyarakat sekitar yang selama ini telah menyambut baik kehadiran Greenfields. Tidak hanya di Farm 2, Greenfields juga sudah menjalankan kegiatan CSR di Farm 1 sejak tahun 2011, termasuk:

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

Perbaikan / Perawatan Infrastruktur:

*Perawatan jalan Kampung Baru Jambuwer – Masjid Maduarjo; Maduarjo – Precet
*Perawatan gorong-gorong/saluran air hujan dari arah peternakan menuju kampung Dusun Maduarjo.

Donasi:

*Bantuan pipa air bersih PVC di Dusun Sumberkunci, Kapurono, Banaran dan Desa Babadan-Ngajum
*Program Bedah rumah di Dusun Maduarjo Desa Balesari & Jambuwer Desa Balesari
*Bantuan Hewan Qurban untuk 9 Masjid
*Pengurukan jalan berlubang di Balesari.

Kegiatan Sosial Kemasyarakatan:

*Penanaman 100 pohon beringin dalam rangka penghijauan sumber mata air gunung, bekerja sama dengan LKDPH Madu Jaya Desa Babadan Ngajum
*Bantuan perlengkapan Olahraga untuk Karang Taruna/Pemuda di sekitar peternakan.

Bidang Pendidikan:

*Program Bantuan susu sekolah untuk siswa di 19 Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Ngajum & Wagir
*Turnamen sepakbola Greenfields Cup
*Lomba Cerdas Cermat antar SD se wilayah Kecamatan Ngajum & Wagir Kab Malang.

“Kami berharap kehadiran Greenfields di Badaban dan Wlingi dapat terus memberikan dampak positif bagi warga setempat. Selain menjalankan kegiatan-kegiatan CSR, kami juga membantu membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja untuk peternakan dan pabrik. Kedepannya, kami akan terus berkontribusi bagi masyarakat sekitar yang selama ini telah menyambut Greenfields dengan baik,”
Richard Slaney, General Manager Farm Operations, Greenfields Indonesia.

Tentang Greenfields

PT Greenfields Indonesia memproduksi susu segar berkualitas tinggi, higienis, kaya nutrisi yang berasal dari sumber alami; yakni lebih dari 15.000 ekor sapi jenis Holstein dan Jersey yang diimpor dari Australia dan juga dikembangbiakkan secara lokal. Peternakan kami berlokasi di dataran tinggi Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Dengan teknologi canggih, susu segar dari sapi perah murni ini diolah dengan cara pasteurisasi dan Ultra High Temperature (UHT) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Fokus utama PT Greenfields Indonesia adalah memproduksi susu cair segar dengan kualitas terbaik tanpa fortifikasi sehingga nutrisinya mendekati kandungan susu segar,sesuai dengan semangat yang mereka miliki passion in every drop. Dari kawasan sejuk 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 15 – 22oC, peternakan Greenfields telah menghasilkan susu sejak tahun 1997, dengan kapasitas yang semakin meningkat setiap tahunnya. Susu bernutrisi tinggi dari peternakan dan pabrik PT Greenfields Indonesia di Malang ini tak hanya dinikmati masyarakat Indonesia, namun juga dipasarkan ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, Myanmar dan Kamboja. Kunjungi www.greenfieldsdairy.com untuk informasi detail mengenai susu sehat dari sapi perah yang diternakkan di Indonesia.

Baca juga  Indonesian American Lawyers Association (IALA) Sampaikan AMICUS CURIAE Kepada Mahkamah Konstitusi RI  

Dapatkan berita terbaru tentang Greenfields melalui:

Website: https://greenfieldsdairy.com/

Facebook: https://www.facebook.com/GreenfieldsID/

Instagram: @Greenfields.ID

Twitter: @GreenfieldsID

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here