Lemhannas Cermati Industri KPOP

0
591

Ket.Foto Utama: Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, saat diwawancarai awak media usai peluncuran buku.

 

 

 

Lemhannas Cermati Industri KPOP

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Dunia kini diserbu oleh tari, musik, dan budaya Korea yang tidak terbendung. Fenomena ini menjadi salah satu kajian bagaimana pendekatan soft power digunakan oleh negara-negara maju.

“Kita mesti belajar dari beberapa negara yang mengalami kemajuan pesat dalam beberapa dekade terakhir. mereka kini ikut mempengaruhi dunia lewat budaya berupa musik, tari, film dan makanan,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo pada peluncuran buku Indonesia Menuju 2045 pada Rabu di Lemhannas RI (6/10).

 

Lemhannas sejak lama melakukan kajian yang bersifat hard power berkaitan dengan militer dan pendayagunaan kekuatan. Pelengkap pendekatan hard power adalah soft power.

Menjelang Indonesia memasuki usia 100 tahun pada 2045 mendatang, Lemhannas merasa perlu mendalami pendekatan soft power. “Kita mesti belajar dari beberapa negara yang mengalami kemajuan pesat dalam beberapa dekade terakhir,” kata Agus.

Negara maju seperti Korea Selatan kini ikut mempengaruhi dunia lewat budaya berupa musik, tari, film dan makanan. Bila sebelumnya budaya pop barat begitu mendominasi, sekarang kita lihat pengaruh budaya pop Korea atau k-pop yang merasuki anak-anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bersamaan dengan serbuan musik, tari dan film korea, tumbuh subur pula aneka restoran yang menyajikan kuliner negeri ginseng itu. Secara sukarela anak- anak muda juga belajar bahasa Korea demi bisa menikmati k-pop secara utuh.

Atas dasar perkembangan itulah kami memprakarsasi penulisan buku Indonesia Menuju 2045. Dalam tempo 24 tahun menuju 100 tahun usia republik, kita mesti belajar bagaimana negara-negara itu berhasil membangun sumber daya manusia (sdm) yang unggul. Generasi muda mereka memiliki fisik yang bagus dan kapasitas otak yang besar. Karakternya kuat dengan ciri-ciri: punya rasa ingin tahu yang besar; percaya diri, tidak minder tapi juga tidak arogan; berani ambil risiko; berpikiran kritis dan kreatif; berani mempelajari hal-hal baru; mampu beropini dengan tajam dan persuasif baik dalam berbicara maupun menulis.

Baca juga  GP Ansor Gelar Bukber dan Pengajian di Restoran Kopi Kemara Jakarta Selatan

Studi yang dilakukan tim penulis buku Indonesia Menuju 2045 mendapati bahwa pondasi kemajuan negara-negara Eropa Barat, Jepang, Korea Selatan, dan sekarang Tiongkok adalah pembenahan besar-besaran di bidang kesehatan dan pendidikan. mereka memastikan generasi muda mendapat asupan gizi yang baik sejak berbentuk janin, mendapat perawatan kesehatan yang bagus dan memperoleh pendidikan yang bermutu, termasuk di masa pandemi Covid seperti sekarang. secara paralel dilakukan pula pembangunan infrastruktur fisik secara besar-besaran, termasuk infrastruktur teknologi. Berikutnya memperkuat penelitian dan pengembangan untuk inovasi teknologi.

Peluncuran buku Skenario Indonesia Menuju 2045 melibatkan tiga instansi, yaitu Lemhannas RI, CSIS, dan Kompas. Ini sebagai gambaran bahwa menuju Indonesia unggul pada 2045 bukan semata-mata beban pemerintah, tapi juga melibatkan swasta dan media. Kolaborasi ini untuk mengembangkan kebijakan ini tidak inklusif, tidak hanya lembaga negara tapi juga swasta dan media.

Lauching buku ini berlangsung pada  Rabu, 6 Oktober 2021,  pukul 15.00 s.d. 18.00 WIB dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan narasumber terkemuka, di antaranya, Gubernur Lemhannas RI , Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P; Direktur Eksekutif CSIS, Phillips J. Vermonte; serta Direktur Komunikasi Kompas Group, Glory Ojong. Sebagai moderator adalah Tri Agung Kristanto, Wakil Pemred Kompas.

Kegiatan ini diharapkan mampu menggambarkan capaian dan juga tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka. Sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara lain untuk mewujudkan generasi emas Indonesia Maju.
***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here