Peningkatan Vaksinasi: Kunci Melawan Covid-19

0
109

Peningkatan Vaksinasi: Kunci Melawan Covid-19

 

Penulis : Jeannie Latumahina

27 Juli 2021

 

Beberapa waktu lalu Bu Risma selaku Mensos mengatakan pemerintah tidak dapat terus menerus memberikan bantuan sosial dalam menghadapi pandemi selama masa PPKM.

Kalau bantuan Bansos tidak mampu terus menerus diberikan, maka jawabnya adalah cabut saja PPKM. Kenapa harus repot ya.

Namun tentu tidak bisa PPKM dicabut kalau laju penambahan covid tidak menurun.

Sedangkan laju penambahan covid lambat bisa menurun karena masyarakat masih saja banyak yang melanggar prokes covid.

Pelanggaran prokes covid terjadi karena masyarakat perlu mencari nafkah untuk hidup keluarga dan dirinya. Jadi bukan karena masyarakat tidak patuh. Rakyat perlu hidup.

Lalu apakah dengan demikian menjadi seperti lingkaran setan, lebih dulu ayam atau telur. Jangan salah dalam memberikan analisa masalah.

Karena sebenarnya lambatnya penurunan angka terinfeksi covid selain daripada masih banyaknya pelanggaran prokes covid oleh masyarakat. Juga diakibatkan karena lambatnya kemajuan vaksinasi untuk masyarakat.

Membatasi kegiatan masyarakat yang berjumlah 270 juta tentu sangat tidak mudah dan jelas memakan biaya yang tidak sedikit untuk pengawas kegiatan masyarakat. Demikian juga berakibat adanya tindak kriminal pemalsuan surat keterangan, hingga penggalangan aksi massa anti PPKM.

Demikian pula halnya memberikan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak juga tidak mudah dan terbatas oleh kemampuan pemerintah.

Maka yang paling dapat dilakukan oleh pemerintah dengan tidak selalu menyalahkan rakyat.

Namun sebaiknya segeralah melakukan perbaikan agar tidak terjadi pelanggaran maupun ketidak adilan penyaluran bansos.

Yaitu dengan ketat mengawasi stok kesediaan obat dan pendukung pengobatan covid. Serta kemudahan masyarakat untuk memperolehnya.

Menghukum seberat beratnya mereka yang dengan sengaja memanfaatkan situasi untuk keuntungan dirinya, seperti penimbunan obat-2an dan sembako. Bila perlu diumumkan secara luas kepada masyarakat, identitas pelaku tindak pidana sebagai hukuman sosial dan efek jera.

Baca juga  MRIN-UPH Berpartisipasi Temukan Antiserum IgY Sebagai Alternatif Pengobatan Covid-19

Selain hal diatas yang sangat penting dilakukan oleh pemerintah adalah menaikkan jumlah pertumbuhan vaksinasi masyarakat.

Mengerahkan dengan segenap daya upaya agar pencapaian vaksinasi dapat melebihi target harian.

Tentunya dengan melakukan pelatihan nakes vaksinasi. Dan menjamin ketersediaan distribusi vaksin kesemua tempat pelayanan vaksinasi. Hingga menindak siapapun yang dengan sengaja menghalangi jalannya vaksinasi.

Peningkatan target vaksinasi harian tentu dapat dilakukan pemerintah dengan semua perangkat dan kekuasaan yang ada. Hingga tercapai kekebalan masyarakat atau herd immunity.

Maka dengan demikian Indonesia dapat terlepas dan melalui pandemi virus Covid-19 dengan baik.

Indonesia Bisa.

Jakarta 27 Juli 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here