3 Manfaat Sistem HRIS untuk Perusahaan selama Pandemi

0
29

 

3 Manfaat Sistem HRIS untuk Perusahaan selama Pandemi

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia mendesak beberapa sektor bisnis menerapkan remote working atau kerja jarak jauh. Kondisi ini berimbas pada adaptasi aktivitas perusahaan dan karyawan yang sebagian besar dilakukan secara daring, mulai dari laporan kehadiran karyawan, rapat, pemantauan, pembukuan, hingga kolaborasi antar tim.

Peran sistem HRIS (Human Resource Information System) sangat penting saat ini, bahkan marak digunakan oleh berbagai perusahaan dan bisnis, apalagi sejak pandemi muncul. Penggunaan software HRIS dapat membantu perusahaan mengelola karyawan dengan efisien, misalnya perusahaan dapat mengawasi kehadiran karyawan dengan mudah lewat fitur Live Attendance. Tim HR (Human Resource) juga dapat memantau lokasi kehadiran karyawan dari mana saja dan kapan saja.

Berikut rangkuman 3 manfaat penggunaan sistem HRIS dari Talenta by Mekari, software payroll dan HRIS terautomasi.

1. Proses payroll hemat waktu

Penggunaan software HRIS untuk keperluan administrasi HR berarti membuat semua data administratif karyawan terintegrasi satu sama lain. Proses penggajian (payroll) dapat memanfaatkan payroll calculation yang mengeliminasi proses penghitungan data absensi karyawan secara manual. Dengan sistem yang sama, absensi karyawan, lembur, hingga cuti dapat terintegrasi. Alhasil, proses rekonsiliasi penggajian pun menjadi lebih mudah dan efisien. Proses ini menghemat waktu hingga sepertiga dari waktu yang dibutuhkan proses secara manual.

2. Administrasi lebih efisien 30-50%

Sebelumnya, karyawan mungkin terlalu mengandalkan HR untuk keperluan administrasi, seperti mengajukan cuti dan meminta slip gaji. Selama pandemi, perusahaan didorong untuk menggunakan teknologi yang memberi wewenang kepada para karyawan untuk mengurus administrasi secara mandiri. Sebagai contoh, perusahaan dapat memanfaatkan fitur Employee Self-Service pada Talenta by Mekari yang melibatkan tanggung jawab karyawan untuk mengakses keperluan administrasinya masing-masing. Melalui penggunaan software payroll dan HRIS terautomasi, administrasi menjadi lebih efisien 30-50%.

Baca juga  Bank DBS Indonesia bersama Timur Angin Berbagi Tips Fotografi Human Interest, Yuk Simak!

3. Penggunaan kertas berkurang hingga 98%

Pengerjaan tugas dan administrasi perusahaan yang dilakukan secara manual biasanya membutuhkan banyak kertas, termasuk yang dialami oleh tim HR. Kemajuan teknologi saat ini sudah saatnya dimanfaatkan perusahaan untuk menekan penggunaan kertas seminim mungkin. Di samping mengurangi risiko kehilangan data, software payroll dan HRIS mendukung program Go Green karena pengurangan penggunaan kertas. Setidaknya 98% penggunaan kertas akan berkurang ketika perusahaan mengoptimalkan teknologi ini.

Itu dia beberapa manfaat penerapan sistem HRIS untuk perusahaan selama pandemi. Pemanfaatan software payroll dan HRIS sebenarnya tidak hanya dapat digunakan ketika pelaksanaan remote working saja, melainkan saat masa normal juga. Informasi lengkap mengenai fitur dan dampak sistem HRIS dapat disimak di talenta.co

Tentang Mekari

Mekari menghadirkan solusi operasional SDM & Keuangan yang terbuka dan dapat diakses setiap pemilik usaha di Indonesia, dibangun dengan infrastruktur berbasis cloud dan teknologi terdepan, Mekari siap berkontribusi dalam mendigitalisasi UKM Indonesia demi meningkatkan daya saing bisnis.
Produk yang dikembangkan oleh Mekari :
● Talenta – Produk software yang mendukung pertumbuhan bisnis dengan lebih cepat melalui automasi payroll dan Human Resource Information System (HRIS).
● Jurnal – Produk software akuntansi online berbasis cloud bagi para pelaku bisnis untuk mengelola finansial dan pembukuan bisnis.
● Sleekr – Produk software HR #1 yang memberikan solusi dalam mengelola administrasi HR dengan praktis dan andal.
● Klikpajak – Aplikasi pengelolaan pajak berbasis online untuk bisnis badan maupun perorangan dan telah menjadi mitra pajak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia.

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here