Mengalami Monday Blues? Berikut 5 Tips Atasi Rasa Cemas di Hari Senin

0
49

Mengalami Monday Blues? Berikut 5 Tips Atasi Rasa Cemas di Hari Senin

 

Jakarta, Suarakristen.com

Hari Senin menyapa, namun kok kita merasa cemas ya? Rasanya akhir pekan berjalan sangat cepat. Pernah merasa demikian? Tenang, kamu tidak sendirian kok. Banyak dari kita yang pernah merasa cemas pada hari Senin atau Monday blues karena harus kembali ke rutinitas setelah beristirahat di akhir pekan. Kembali ke rutinitas dari nikmatnya akhir pekan memang sulit. Namun, waktu terus berjalan, bukan? Yuk, dari sekarang kita mulai atasi rasa cemas di hari Senin dengan tips-tips berikut!

 

  1. Maksimalkan waktu akhir pekan

Kerap kali, kita merasa cemas akan hari Senin karena kita merasa bahwa akhir pekan berjalan sangat cepat. Hal ini dapat disebabkan karena kita belum memanfaatkan waktu akhir pekan secara maksimal. Akhir pekan adalah waktu untuk beristirahat dan melakukan hal-hal yang kita sukai, seperti hobi. Sebelum memasuki akhir pekan, alangkah baiknya bila kita membuat daftar aktivitas yang ingin kita lakukan di akhir pekan, seperti tidur siang, melukis, mencoba memasak resep terbaru, hingga berjalan-jalan di sekitar kota. Dengan memaksimalkan waktu akhir pekan, maka kondisi fisik dan mental kita akan menjadi fresh kembali dan siap untuk menghadapi hari Senin dengan penuh senyuman.

  1. Ubah mindset kita terhadap hari Senin

Hari Senin sama halnya dengan hari Jumat. Kedua hari tersebut masuk ke dalam kategori weekdays. Namun, mengapa hari Senin kerap mendapat persepsi yang buruk di mata kita? Itu semua disebabkan karena mindset kita yang menganggap bahwa hari Senin itu menakutkan, melelahkan, dan sejenisnya. Mari mulai mengubah mindset kita terhadap hari Senin menjadi lembaran baru yang menyenangkan dan penuh pembelajaran baru.

Baca juga  Ormas Kristen se-Riau Tolak Perwakilan Kristen di FKUB Riau

 

  1. Rencanakan hal yang menyenangkan di setiap harinya

Siapa bilang kita hanya bisa bersenang-senang di akhir pekan saja? Di weekdays juga bisa, lho! Termasuk hari Senin. Rencanakan hal-hal menyenangkan di setiap harinya, seperti menonton film bersama teman, bersepeda bersama keluarga di sore hari, atau hal-hal lainnya yang kita sukai. Dengan mengetahui bahwa kita akan melakukan hal yang menyenangkan setiap harinya, kita akan lebih semangat dalam menjalani hari demi hari di setiap minggunya

 

  1. Membuat to-do-list

Rasa cemas pada awal minggu juga dapat diasosiasikan dengan rasa cemas akan aktivitas yang akan dilakukan nantinya. Untuk mengatasi rasa cemas ini, tulislah daftar aktivitas yang akan dilakukan pada hari Senin dan seterusnya. Karena dengan menulis to-do-list  aktivitas per hari, kita akan lebih aware dengan apa yang kita akan hadapi pada hari itu, sekaligus menjadi lebih semangat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

 

  1. Memenuhi waktu tidur yang ideal

Salah satu penyebab munculnya rasa cemas di hari Senin adalah kurangnya waktu tidur pada malam hari. Ketika bangun keesokan harinya, tubuh menjadi lelah dan muncul rasa cemas akan hari Senin, karena merasa kondisi fisiknya belum siap dalam menghadapi hari. Apalagi ditambah bila kita terlambat bangun alias kesiangan, maka mood sejak pagi hari sudah rusak karena terburu-buru takut terlambat masuk kelas atau kerja. Maka dari itu, penting sekali untuk tidur lebih awal pada hari Minggu malam, sehingga keesokan harinya akan lebih fresh dan siap menjalani awal pekan dengan penuh semangat.

 

Gimana, udah siap belum menghadapi hari Senin? Buat kamu yang masih cemas karena hari Senin ada ujian atau tugas yang menanti, tak perlu khawatir. Ada video beranimasi dan rangkuman belajar yang bisa membantu kamu menghadapi berbagai tugas dan ujian di ruangbelajar. Yuk, cobain serunya belajar di aplikasi Ruangguru sekarang juga!

Baca juga  MEMPERSIAPKAN KEMATIAN

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here