JAGA STABILITAS KEAMANAN, TNI AL DAN TLDM GELAR PATROLI TERKOORDINASI DI SELAT MALAKA

0
474

 

JAGA STABILITAS KEAMANAN, TNI AL DAN TLDM GELAR PATROLI TERKOORDINASI DI SELAT MALAKA

 

Selat Malaka, Suarakristen.com

 

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) melaksanakan Patroli Terkoordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) 151/21 di Perairan Selat Malaka. Senin (22/03/2021)

Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (Patkor Malindo) rutin dilaksanakan setiap tahun, pada Patkor 151/21, TNI AL mengerahkan KRI Siwar-646 sedangkan TLDM mengerahkan Kapal KD Laksmana Tun Abdul Jamil-135

Panglima Komando Armada I (Koarmada I) , Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., dalam keterangannya menyampaikan “Pengerahan satu kapal perang dalam Patroli Terkoordinasi dengan Negara Malaysia merupakan implementasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. guna menciptakan situasi kondusif di wilayah perbatasan melalui naval present (kehadiran di laut) yang dikemas dalam bentuk patroli terkoodinasi dengan negara tetangga” kata Pangkoarmada I

“Ini juga merupakan salah satu komitmen Indonesia, khususnya TNI AL, dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara antara Indonesia dan Malaysia. Kerjasama itu juga untuk menjalankan peran TNI AL dalam bidang diplomasi internasional” Tegasnya

Lebih lanjutnya dikatakan Pangkoarmada I “TNI AL dalam hal ini Koarmada I terus membangun dan memelihara stabilitas di kawasan dengan melaksanakan peran diplomasi. Koarmada I yang memiliki wilayah kerja berbatasan langsung dengan 5 (lima) negara tetangga, terus aktif melaksanakan peran diplomasi dengan negara-negara di kawasan untuk menjaga keamanan dan stabilitas kawasan serta mempererat hubungan dengan negara-negara tetangga”

“Posisi strategis Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur pelayaran terpadat di dunia” Pungkasnya.

Salah satu peran diplomasi TNI AL diwujudkan dalam latihan bersama dengan negara sahabat. Unsur Koarmada I yang terlibat dalam Patkor Malindo 151/21 yakni KRI Siwar-646, melaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan unsur TLDM KD Laksmana Tun Abdul Jamil-135 di Perairan Selat Malaka.

Baca juga  DOA MENEGUHKAN IMAN

Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan sebagai pemegang kendali operasi Patkor Malindo 151/21 mengatakan “KRI Siwar-646 yang dikomandani Mayor Laut (P) Anugerah A. tergabung dalam Satgas Patkor Malindo 151/21 melaksanakan PASSEX dengan KD Laksmana Tun Abdul Jamil-135 di Selat Malaka” Kata Danguskamla.

“Materi Latihan yang yang dilaksanakan meliputi Rendezvous (RV), Communication Check (Commcheck), Tactical Maneuvering Exercise (Tacman), Flash Exercise, Flaghoist Exercise di akhiri dengan Passing Exercise dengan saling memberi penghormatan antara KRI Siwar-646 dan KD Laksmana Tun Abdul Jamil-135 yang kemudian langsung menuju sektor di perairan masing-masing Negara untuk melanjutkan patroli terkoordinasi” lanjutnya.

Kerjasama Patroli Koordinasi antara unsur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dengan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) diharapkan dapat menciptakan keamanan dan mampu menekan pelanggaran hukum serta menjaga stabilitas keamanan di Selat Malaka. Kegiatan Patkor Malindo yang selama ini dilaksanakan selalu mampu mencapai sasaran operasi yakni menjamin keamanan perairan Selat Malaka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here