Hari Arsitektur Nasional, Ini Dia 6 Tokoh Arsitektur Kenamaan Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

0
198

Hari Arsitektur Nasional, Ini Dia 6 Tokoh Arsitektur Kenamaan Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

 

Jakarta, Suarakristen.com

Selamat Hari Arsitektur Nasional! Di balik adanya bangunan-bangunan indah di sekitar kita, terdapat jasa dari para arsitek yang hebat. Tanggal 18 Maret diperingati sebagai Hari Arsitektur Nasional sebagai bentuk penghargaan atas jasa para arsitek yang turut andil dalam pembangunan Indonesia.

 

Jika kamu perhatikan, negara kita mempunyai banyak bangunan megah dengan desain ciamik yang dibuat oleh para arsitek dalam negeri. Indonesia memiliki banyak arsitek bertalenta dengan ciri khas mahakarya masing-masing. Berikut 6 di antaranya yang perlu kamu tahu!

 

  1. Andra Matin

Dikenal karena ciri khas karyanya yang memiliki struktur geometris dan minimalis, arsitek dengan nama lengkap Isandra Matin Ahmad ini merupakan salah satu arsitek asal Indonesia dengan jajaran prestasi yang membanggakan. Hasil karya-karyanya meliputi Potato Head Bali, Monumen Soekarno Taman Rendo di NTT, hingga Bandara Blimbingsari di Banyuwangi.

 

Berkat mahakaryanya yang sangat inspiratif, Andra Matin mendapatkan penghargaan IAI Award pada tahun 1999, 2002, 2006, dan dinobatkan sebagai salah satu dari 101 arsitek yang paling berkiprah pada tahun 2007 oleh Wallpaper Architecture Directory.

 

  1. Daliana Suryawinata

Arsitek perempuan asal Indonesia ini mengawali karirnya sebagai arsitek di Indonesia sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan di Belanda dan mendirikan konsultan arsitektur bernama Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism (SHAU) bersama suaminya di Belanda. Perempuan yang biasa dipanggil Dana ini menjadi satu-satunya arsitek perempuan Indonesia yang masuk ke dalam daftar “100 Women to Watch in Architecture” pada penghargaan Architizer A+ Awards

 

Walaupun telah sukses berkarir di negeri kincir angin, Daliana tidak lupa dengan tanah air dan memilih pulang ke Indonesia untuk mewujudkan mimpinya menjadikan Jakarta menjadi kota yang lebih layak huni. Salah satu konsep arsitektur urban yang Daliana canangkan di Jakarta adalah Kampung Vertikal di Muara Angke untuk mengantisipasi banjir yang sering melanda kawasan tersebut.

Baca juga  Transformasi, Ancaman Bagi Masa Depan

 

  1. Friedrich Silaban

Tahukah kamu jika bangunan-bangunan terkenal di Indonesia seperti Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, dan Gelora Bung Karno didesain oleh arsitek yang sama? Ya, Friedrich Silaban merupakan sosok dibalik bangunan-bangunan megah nan historis tersebut.

 

Beliau merupakan arsitek asal Sumatera Utara yang karya-karyanya menghiasi Jakarta sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Berkat jasanya di bidang arsitektur Indonesia, Friedrich memperoleh tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan yang diberikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1962.

 

  1. Soejoedi Wirjoatmodjo

Arsitek asal Indonesia satu ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia berkat salah satu karyanya, yaitu Gedung MPR/DPR/DPD di Jakarta. Tak hanya itu, beliau juga merupakan sosok di balik pembangunan Gedung Sekretariat ASEAN, Gedung Kedubes Perancis di Jakarta, dan restoran Braga Permai yang dulu bernama ‘Maison Bogerijen’.

 

  1. Achmad Noeman

Achmad Noeman merupakan salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Beliau dikenal sebagai maestro masjid asal Indonesia karena memiliki karya-karya masjid yang terkenal seperti Masjid Salman ITB, Masjid Amir Hamzah, Masjid at-Tin, Masjid Islamic Center.

 

Tak berhenti di Indonesia, karya beliau juga telah sampai ke mancanegara, seperti Masjid Soeharto di Bosnia dan Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan.

 

  1. Han Awal

Arsitek Indonesia satu ini terkenal karena beberapa proyek pemugaran bangunan- bangunan bersejarah di Jakarta seperti Gereja Katedral Jakarta, Gedung Arsip Nasional, Gedung Bank Indonesia, dan Gereja Immanuel. Selain karya-karya pemugaran bangunan bersejarah, beliau juga memiliki karya-karya arsitektur bangunan lainnya, yaitu Gedung Kampus Universitas Katolik Atma Jaya di Semanggi dan Gedung Sekolah Pangudi Luhur di Kebayoran Baru, Jakarta.

 

Beliau meraih penghargaan International Award of Excellence UNESCO Asia Pacific Heritage untuk bangunan Gedung Museum Arsip Nasional.

Baca juga  CN Dr. Lauw Siegvrieda, S.H., .M.H. Peduli Korban Kebakaran Krendang Salurkan Bantuan

 

Masih banyak arsitek Indonesia yang memiliki mahakarya inspiratif di bidang arsitektur, di antaranya Ridwan Kamil, YB Mangunwijaya, dan masih banyak lagi.

 

Ingin menjadi seorang arsitek hebat seperti tokoh-tokoh di atas? Jika ya, maka jurusan arsitektur dapat menjadi pilihan untuk studimu ke depannya. Maka dari itu, yuk, mulai persiapkan dirimu menghadapi ujian seleksi masuk perguruan tinggi bersama ruanguji by Ruangguru sekarang juga! Melalui ruanguji by Ruangguru, kamu dapat mengikuti simulasi tryout, mengerjakan paket soal paling akurat, video pembahasan di setiap soal, dan analisis mendalam dengan rasionalisasi kampus.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here